Senin, 11 Juli 2011

Tips Merawat Aki Motor

Sparepart motor seperti Aki motor juga membutuhkan perawatan rutin setidaknya sekali sebulan. Jaga agar aki di charge 100%. Pengisian ulang aki bisa dilihat lewat indikasi cahaya lampu meredup, susah starter atau aki tidak digunakan selama lebih dari dua minggu. Selain itu, Anda dapat mengikuti beberapa tips merawat aki motor :
  • Periksa level electrolyte : Periksa terminal-terminal pada aki. Cek apakah terjadi korosi atau tidak. Korosi dapat dibersihkan dengan menyiramkan air panas pada terminal-terminalnya. Lihat juga kabel-kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar. Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin. Beri gemuk atau grease pada terminal-terminal untuk mencegah korosi.
  • Pantau kuantitas maupun kualitas air aki. Mestinya air aki selalu terjaga di antara garis low level dan upper level yang biasa tertera pada kotak aki. Bila berada di bawah low level segera tambahkan. Karena, air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki. Bila air aki berkurang dan tidak segera ditambah, sel-sel di dalam aki bisa menjadi berubah bentuk (melengkung, harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus). Lengkungan sel-sel ini bisa membuat plat positif dan negatif bersentuhan, yang akhirnya memicu konsleting. Konsleting itulah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.
  • Tambahkan hanya dengan deionized atau distilled water, gunakan sarung tangan dan kacamata pelindung. Isi ulang di ruangan berventilasi, berhati-hatilah terhadap uapnya.
  • Teliti ulang kabel-kabel dan kelem penjepit untuk mencegah kerusakan.
  • Pastikan saluran pembuangan bebas dari kaku.
  • Pengujian aki baik lewat hydrometer atau voltmeter. Untuk menambah waktu pemakaian aki, buat perawatan oli bulanan sebagai bagian dari rutinitas Anda.
Daya tahan dan kekuatan aki sangat dipengaruhi perawatan. Biasanya, dalam satu tahun aki sudah mulai bermasalah, misalnya tidak sanggup lagi menyimpan tegangan dalam waktu yang lama. Dengan perawatan yang baik dan tepat, masa pakainya bisa lebih dari satu tahun.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar