Kamis, 21 Juli 2011

Tips Mengganti Oli Motor

Pada dasarnya oli itu berfungsi melumasi mesin agar terhindar dari kerusakan yang diakibatkan pergesekan antara satu part dengan part lain, sekaligus sebagai pendingin bagi mesin motor anda.

Untuk perawatan motor second, ganti oli adalah hal yang paling penting, terutama untuk motor empat tak yang kebanyakan ada di dunia. Motor dua tak kebanyakan udah nggak dibikin lagi sama pabrik. Apalagi udah ada standar euro II.

Ternyata ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sewaktu mengganti oli motor anda. Karena oli merupakan hal penting bagi mesin motor anda.

Berikut tips mengganti oli motor yang disarankan :
  • Ganti oli pada saat kondisi mesin panas, tujuannya agar oli mudah mengalir pada kondisi panas.
  • Ganti oli nggak usah nunggu semalaman dikuras, hal ini tidak terlalu berpengaruh, apalagi kita memerlukan waktu itu untuk aktivitas.
  • Pilih oli yang cocok untuk jenis motor kita, mau sintetis atau bukan, sama aja. Zaman sekarang kebanyakan oli sudah disesuaikan dengan kondisi motor kita. Jadi belum tentu oli sintetis bikin slip kopling. Tapi jangan pake oli sintetis buat mobil karena oli tersebut tidak dapat melumasi bagian transmisi. 
  • Waktu oli dikuras, nggak usah disemprot kompresor, hal ini tidak terlalu berpengaruh apalagi dikhawatirkan angin kompresor tersebut mengandung air.
Sekian tips dari saya, semoga berguna untuk pengguna motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar