Kamis, 27 Oktober 2011

Tips Merawat Lapisan Krom Pada Motor Second

Pada motor second banyak bagian part motor yang berlapiskan krom, sebut saja dari knalpot, gagang spion sampai rak barang. Kesan yang timbul, motor terlihat lebih mewah dan elegan. Makanya perlu perawatan khusus supaya lapisan krom tetap terlihat kinclong tanpa khawatir bikin pudar.

Memang, di pasaran onderdil banyak yang menjual obat poles khusus krom. Tapi kalau mau cara mudah dan gampang, ada sedikit tips merawat lapisan krom pada motor second biar enggak perlu belanja ke toko spare-part, tapi bisa cari di pasar tradisional, atau apotek. Hanya butuh perlakuan halus untuk merawat krom.

Krom bisa dirawat dengan tepung kanji atau bedak khusus bayi, bersihkan dahulu barang yang sudah berlapis krom dengan sabun cuci piring, dan gunakan air mengalir, bukan air bertekanan tinggi," Intinya, sabun cuci piring diyakini punya kemampuan lebih untuk mengangkat kandungan lemak ataupun oli yang tertinggal. begitu juga penggunaan air bertekanan yang bisa membuat lapisan krom terkelupas.

Setelah bersih, lanjutkan dengan memoles permukaan krom pakai bedak bayi, atau kalau mencari di dapur, coba gunakan tepung kanji. "Bedak bayi dan tepung kanji lebih halus dan enggak ada partikel yang bisa merusak lapisan krom,".

Maksudnya, biar tak kasatmata terlihat, tapi partikel halus yang terkandung dalam obat poles akan membuat lapisan krom pudar. Indikasinya, lama kelamaan krom akan terlihat kuning, dan efek paling parah, lapisan krom akan hilang.

Beda dengan obat poles yang bukan diperuntukkan krom, biasanya ketika dipegang, akan terasa partikel seperti pasir, walau halus. Saat memoles, bisa dengan gerakan memutar, atau bisa juga searah. Tinggal poles saja beberapa bagian misal knalpot atau gagang spion.

Jangan ketinggalan bagian tekukan, soalnya pada bagian ini lapisan krom paling tipis. Jadi harus ekstra hati-hati. Dan  jangan lupa menggunakan kain lap halus ketika memoles krom nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar