Selasa, 05 Juli 2011

Cara Menghindari Sparepart Motor Palsu

Dengan adanya beragam jenis suku cadang atau sparepart motor murah kadang membuat konsumen bingung. Pilihan mana yang tepat sebaiknya teliti dulu sebelum membeli. Secara umum sparepart motor khususnya suku cadang yang cepat diganti atau fast moving sparepart seperti busi, oli, kampas rem, ban motor, dll. 

Cara menghindari sparepart motor palsu terdiri atas tiga kelas yang masing-masing tingkatan menunjukkan kualitas :
  • Pertama adalah spare part motor yang original dengan kualitas bagus dengan harga yang mahal.
  • Kedua adalah sparepart motor buatan Jepang dengan kualitas bagus dan harga yang agak murah. Sejumlah praktisi automotif menyatakan spare part jenis ini merupakan supplier dari barang orisinal, hanya mereknya saja yang berbeda. Mengapa harganya sedikit agak murah karena mereknya tidak harus beli.
  • Ketiga adalah spare part lokal di mana komponen ini produk asli dalam negeri yang dibanderol dengan harga murah, namun kualitasnya pun kurang bagus.
Sebenarnya berbicara sparepart motor asli atau palsu akan sangat relatif. Karena dalam setiap sparepart motor ada tingkatannya. Untuk komponen orisinal tentunya mahal. Harganya bahkan ada yang dua hingga tiga kali lipat dengan harga spare part motor lokal. Misalkan kalau sparepart lokal Rp.100.000, maka sparepart orisinal bisa mencapai Rp.300.000.

Untuk meminimalisasi kerugian akibat salah membeli sparepart motor, konsumen dapat membeli buku spare part, atau buku pricelist. Namun, untuk pricelist biasanya hanya ada di original part. Memang cara ini dinilai akan membuat konsumen repot, namun tidak ada salahnya mencoba.

Secara umum, agar terhindar dari sparepart motor palsu sebaiknya perlu memperhatikan sejumlah hal. Yang paling mudah membedakan antara sparepart motor asli atau palsu dapat dilihat dari kemasannya. Sparepart motor asli biasanya dilabeli stiker hologram, sedangkan sparepart motor palsu biasanya tidak dicantumi stiker hologram. Selain itu, setiap lengkung sparepart motor palsu biasanya terlihat kasar, berbeda dengan spare part asli yang benar-benar mulus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar