Jumat, 21 Oktober 2011

TIPS MELEPAS TERMINAL AKI MOBIL BEKAS

Jika berurusan dengan aki ? Mungkin banyak orang berfikiran agak merepotkan. Hingga kini masih banyak yang bertanya mengenai bagaimana prosedur yang benar tips melepas terminal aki mobil bekas. Prosesnya sendiri sangat simpel, tinggal kendurkan pakai baut dan copot kedua terminal itu. Memasangnya kembali pun tinggal dikencangkan saja. Prosedur melepas kepala aki pun bisa semudah prosesnya.Bagian yang paling kena dampak pencabutan aki hanya di seputar interior. Beberapa peranti memang bisa kena reset setelah mengganti aki. ECU dianggap bisa terkunci bila salah melakukan prosedur mengganti aki. Pada dasarnya, prosedur penggantian aki tidak memerlukan perlakuan khusus dengan engine scanner setelah aki baru terpasang. Tidak perlu memasukkan kode khusus sebagai kunci pembuka fungsi ECU kembali. Cukup lakukan seperti wajarnya penggantian aki. Selebihnya, yang kena reset hanya beberapa peranti di interior. Paling kentara adalah jam dan setelan pada audio dimana semua simpanan frekuensi stasiun radio bisa hilang. Ada beberapa mobil bekas yang punya cadangan daya buat jam ini, namun rata-rata jam digital bisa berubah setelah mencopot aki. Jangan lupa setting kembali power window atau sunroof yang punya fitur auto. Biasanya setelah cabut aki, fitur ini tidak aktif. Caranya mudah, cukup dengan menekan atau menarik tombol power window sekitar 10 detik, fitur itu bisa aktif kembali.
Cabut terminalnya, taruh aki pengganti dan pasang lagi di kedua kutub aki. Hanya saja, perlu hati-hati. Karena ECU mirip komputer desktop di rumah anda. Komputer tidak baik dimatikan dengan mencabut langsung kabel catu dayanya.
 Pastikan semua fungsi ECU sudah mati. Misalnya mesin sudah mati sempurna, indikator di dasbor pun sudah padam. Karena kalau tidak, bisa jadi masih ada arus data yang mengalir di sistemnya. Nah, itu yang bisa bikin masalah. Yang kena reset paling hanya fail save. Kalau ada indikator yang menyala karena ada yang tidak beres, mencopot aki bisa bikin mati indikator. Kecuali buat mobil yang ada immobilizer, karena biasanya terekam dalam chip immobilizer. Khusus buat Toyota Kijang Kapsul bermesin 7K-E 1.800 cc injeksi, setelan CO bisa berubah kalau aki dicopot. Untuk itu sebaiknya AFR diperiksa ulang setelah mencopot aki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar