Kamis, 19 Mei 2011

Tips Merawat Ban Pada Sepeda Motor

Bagaimana tips merawat ban sepeda motor agar lebih awet dan tahan lama ? Banyak hal penting dan mendasar yang perlu diketahui seputar ban. Karena ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Dan ban adalah bagian terpenting dari sebuah kendaraan bermotor karena ban satu-satunya bagian dari kendaraan bermotor yang mempunyai kontak langsung dengan jalan. Walaupun merupakan faktor terpenting pada sebuah kendaraan bermotor, namun banyak pemilik kendaraan yang sering mengabaikannya, baik yang karena alasan ekonomi maupun keterbatasan ilmu mengenai ban yang dimiliki pengendara. Perawatan ban pada sepeda motor sangatlah penting dan wajib bagi para pengendara sepeda motor.
Perawatan ban motor selain berguna untuk menjaga keselamatan si pengendara juga berguna untuk menghemat anggaran biaya pengeluaran.
Berikut beberapa tips untuk merawat ban sepeda motor :
  • Sering periksa tekanan angin dan kondisi fisik secara berkala.
  • Jauhkan ban apabila terjadi kontaminasi dengan cairan-cairan kimia yang merusak seperti oli, bensin, dll. Segera bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.
  • Demi keamanan, ganti ban sesuai batas waktu dan masa pakai ban sudah melewati batas TWI.
  • Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan membuat karakter karet ban berubah.
  • Jika sepeda motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada ban pada posisi yang sama diwaktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar