Kamis, 26 Mei 2011

Tips Menggunakan Sabuk Pengaman

Menggunakan sabuk pengaman dapat menyelamatkan jiwa. Setiap tahun pabrikan otomotif meningkatkan persyaratan keselamatan untuk mobil baru. Diantara banyak teknologi baru, sabuk pengaman tetap menjadi sarana dasar untuk melindungi pengemudi dan penumpang.

Untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal dari sabuk keselamatan, maka kita perlu tahu bagaimana penggunaannya secara benar. Berikut beberapa tips yang perlu diingat saat menggunakan sabuk pengaman :
  • Sabuk pengaman harus terbuat dari bahan dan konstruksi yang benar. Bahan tidak mudah sobek, mekanismenya dapat ditarik secara perlahan, mengunci pada saat ditarik dengan tiba-tiba dan tidak terlepas saat ditarik secara tiba-tiba. Ganti segera sabuk keselamatan yang sudah tidak memenuhi standar atau pernah terpakai dalam suatu kecelakaan. Walau kerusakannya tidak terlihat, tetapi tidak dapat dipastikan sabuk dapat bekerja dengan baik.
  • Sabuk pengaman tidak akan melakukan fungsinya dengan baik jika tidak dipakai dengan benar. Sabuk harus ditempatkan di atas bahu.
    Jika hal ini tidak nyaman, Anda dapat membeli bantalan sabuk bahu. Bantalan dapat melindungi leher dan bahu dari gesekan dengan sabuk.
    Kencangkan pula sabuk pengaman. Sabuk yang terlalu longgar akan membuatnya tidak efektif melindungi saat terjadi kecelakaan.
  • Sabuk keselamatan jangan terpelintir. Posisikan sabuk keselamatan tidak terpelintir pada saat mengaitkan. Hal ini mencegah cidera bila terjadi benturan.
  • Pastikan benar cara penggunaan sabuk nya. Hal ini untuk memastikan bahwa pengait sudah benar-benar terkunci dan tidak akan terlepas pada saat terjadi tabrakan.
  • Pastikan pas dengan tubuh. Gunakan sabuk pengaman yang pas dengan tubuh. Posisi sandaran kursi tidak terlalu kebelakang, sabuk jangan melintang di leher, tali pinggul pada lingkar pinggul bukan pada lingkar perut dan tidak menggunakan klip atau penjepit lain bila sabuk keselamatan kedodoran.
  • Digunakan hanya untuk 1 orang. Sabuk pengaman didesain untuk satu orang di satu tempat duduk. Untuk anak-anak dapat menggunakan bantuan tempat duduk agar dapat menggunakan sabuk sendiri dan tidak dipangku oleh orang tua.
  • Hindari benda-benda asing masuk ke dalam pengait. Hal ini untuk mencegah pengait tidak terkait dengan sempurna.
Demikian tips-tips yang dapat digunakan pada saat menggunakan sabuk pengaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar