Kamis, 19 Mei 2011

Cara Menghemat Penggunaan BBM Pada Sepeda Motor


BBM merupakan kebutuhan dasar di negeri ini. Kita sebagai para pengendara sepeda motor tentunya memiliki keinginan untuk berpartisipasi dalam meminimalisir global warming yang sekarang merupakan masalah kita semua. Kita dapat memulainya dari hal kecil pada saat kita mengendarai sepeda motor. Untuk menghemat BBM kita dapat menggunakan alat-alat tambahan yang akan membuat molekul hidrokarbon BBM akan menjadi lebih aktif yang pada akhirnya akan membuat pembakaran BBM  lebih sempurna. 
Berikut ini cara menghemat penggunaan BBM dalam mengendarai sepeda motor : 
  • Optimalkan Kecepatan Kendaraan : Dengan kecepatan yang optimal, kita dapat menghindari penekanan pedal gas dan berhenti secara mendadak secara berulang. Bila memungkinkan, pada saat hendak berhenti gunakanlah engine break, yakni dengan mengangkat pedal gas secara perlahan.
  • Cek Tekanan Ban : Sepele, tapi besar manfaatnya dalam menghemat konsumsi BBM. Karena kalau tekanan angin kurang, dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
  • Pemanasan Jangan Terlalu lama : Ketika memanaskan mesin kendaran jangan terlalu lama agar tidak terjadi pemborosan BBM. Pemanasan mesin kendaraan cukup 3-5 menit saja.
  • Atur Jarak Main Rem  :  Apabila rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Makanya, atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakang minimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu rapat, karen dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
  • Kurangi Akselerasi Mendadak : Jangan melakukan akselerasi kecepatan secara mendadak. Dengan mencoba meningkatkan kecepatan kendaraan secara drastis, umumnya pembakaran yang terjadi tidak akan terlalu sempurna dan bahkan bisa dibilang hilang sebagai akibat kekuatan besar yang dibangkitkan dari RPM kendaraan yang tinggi tidak sesuai dengan posisi gear kendaraan anda.
  • Oli Pelumas : Daya lumas oli yg baik mampu membuat akselerasi mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat.
  • Cek Busi : Umur kerja busi, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian BBM menjadi boros.
  • Perawatan Rutin : Perawatan rutin kendaraan merupakan salah satu kunci untuk menghemat kendaraan. Lakukanlah servis secara teratur agar onderdil seperti busi, sistem pengapian lainnya, pelumas bagus, dan peralatan/perlengkapan lainnya selalu dalam kondisi prima.
  • Cara lain nya : Bersepeda dan berjalan kaki merupakan alternatif yang sangat ramah lingkungan. Bila jarak yang akan ditempuh relatif cukup dekat alternatif ini dapat menjadi pilihan utama. Dan bila dirasa cukup jauh mungkin masih dapat menggunakan sepeda listrik. Dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki selain sehat bagi tubuh, penggunaan juga BBM dapat dikurangi. 
                  Selamatkan Dunia, selamatkan kehidupan, dengan menghemat BBM

                  Tidak ada komentar:

                  Posting Komentar