Kamis, 19 Mei 2011

Cara Aman Berkendara Sepeda Motor

Sepeda Motor adalah kendaraan yang praktis dan relatif bisa menembus kemacetan ketimbang mobil. Dan tidak bisa dipungkiri semakin hari semakin banyak jumlah sepeda motor di jalan. Sehingga sering terjadi aksi Saling mendahului atau selap-selip setiap ada ruang gerak yang berakbat menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Tidak jarang terlihat tidak mau mengalah satu sama lain sekalipun sesama pengguna sepeda motor.

Cara Aman Berkendara Sepeda Motor yang perlu kita perhatikan di jalan, agar mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas antara lain :
  • BERJALAN TETAP DI JALURNYA : Banyak ditemui gerakan sepeda motor yang seakan mengambil jalur lain saat mendahului kendaraan lain seperti mobil, Hal ini cukup berbahaya, karena bukan tidak mungkin pengemudi mobil tidak melihat motor mendahuluinya dan memacu kendaraannya lebih cepat dari motor. Akibatnya motor akan tertabrak mobil di belakangnya. Ini yang banyak tidak disadari oleh pengendara sepeda motor.
  •  JANGAN MENYALIP DARI SISI DALAM TIKUNGAN : Sebaiknya motor tidak menyusul dari sisi dalam, saat ada kendaraan lain (mobil/bus/truk) sedang memutar balik. Akibatnya, motor akan terjepit oleh trotoar atau pembatas jalan. Sebaiknya jangan mengandalkan pengendara lain melihat keberadaan kita saat berbelok, karena pengendara lain akan memperhatikan kendaraan lain dari arah lain. Karena menyusul dari sisi dalam tikungan sangat berbahaya.
  • BERSABAR SAAT MEMOTONG JALUR : Saat berbelok memotong jalur, sering terjadi motor memotong jalur mobil yang juga sedang berbelok. Akibatnya, motor tertabrak oleh mobil. Kegiatan memotong jalur tersebut sangat berbahaya khususnya jika kebetulan yang dipotong jalurnya tersebut adalah kendaraan yang tinggi seperti truk, bus,dll, karena motor tidak terlihat oleh si pengemudi.
Berikut tambahan alasan untuk keselamatan di jalan, sebaiknya :
  • Jangan menganggap orang lain memiliki kemampuan mengemudi yang baik : Tidak semua pengendara mobil memiliki skill yang baik dalam mengemudi, banyak juga pengemudi baru yang belum banyak memiliki pengalaman di jalan. Kurangnya pengetahuan skill maupun etika mempengaruhi gaya mengemudi mereka.
  • Jangan menganggap orang lain mau mengalah untuk kita : Mulailah dari diri kita sendiri untuk mencoba mengalah, memberi jalan, memberi kesempatan bagi kendaraan lain.
  • Jangan menganggap orang lain memiliki reaksi / refleks yang baik dari gerakan/aksi kita.
  • Jangan menganggap kendaraan lain dalam kondisi yang baik : Karena kondisi Rem, Steer, Stang, dsb, seringkali menjadi faktor penyebab kecelakaan apabila bermasalah. 
Sekian Tips dan Cara-cara bersepeda motor yang aman, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar