Selasa, 10 Mei 2011

Langkah – Langkah Modifikasi Mobil

Apakah anda mau modifikasi mobil ? Boleh-boleh saja, dan Jika anda benar-benar baru dalam hal Modifikasi Mobil anda bisa dengan mudah kebobolan kantong alias over budget karena terlalu bersemangat, atau bisa juga ada perasaan menyesal setelah mendapatkan hasil akhir yang diluar harapan. Tapi agar tidak salah langkah, maka ada baiknya mengikuti beberapa langkah-langkah berikut agar hasilnya memuaskan :
  • Perencanaan : Pakailah jasa modifikator yang sudah terbukti reputasinya, sehingga anda bisa mencurahkan rancangan awal mobil yang diinginkan dan desainer ini pasti akan memberi masukan berguna soal warna, jenis, interior. Oleh karena itu alangkah baiknya anda menggunakan jasa modifikator yang sudah terbukti baik hasilnya. Dengan begini anda dapat lebih memfokuskan pada rancangan awal bagaimana Modifikasi Mobil yang diinginkan. Untuk selanjutnya, modifikator akan memberi masukan-masukan dari konsep yang anda inginkan.

  • Temukan mobil yang tepat untuk dimodifikasi : Gunakan mobil bekas yang layak menerima polesan. Semakin sedikit karat dan kerusakan semakin dompet anda berteriak senang karena servis mobil tidak harus sering dilakukan. Pastikan anda sudah riset lebih dahulu soal mobil itu. Paling tidah anda mengetahui tahun pembuatan mobil dan spesifikasi yang mengikutinya. 
  • Dana/Keuangan : Pastikan berapa besar dana yang akan dialokasikan untuk modifikasi. Riset lebih dahulu harga spare part dan waktu yang dibutuhkan untuk modifikasi mobil, termasuk honor untuk jasa modifikator. Untuk berjaga-jaga lebihkan budget 10%.

  • Sparepart mobil : Setelah belanja, susun daftar sparepart. Catat di mana saja barang disimpan agar tidak membeli barang yang sama dua kali. Tandai bila sparepart tersebut sudah melekat di mobil
  • Poles Cat : Ada beberapa metode, yang paling sering digunakan adalah media blasting yang membuat mobil kembali ke warna asli abu-abu. Metode lain yaitu menggunakan soda blasting yaitu menggunakan baking soda dalam tekanan tinggi yang membuat mobil terlihat bersih, mengkilap (fresh from factory). Atau dengan celupan asam, di mana mobil dicelupkan dalam satu kolam penuh asam untuk memudarkan cat. 

  • Warna cat baru : Setelah cat terkikis, hubungilah bengkel atau toko terkenal yang sering menyediakan jasa tukang cat. Anda bisa diskusi untuk pilihan merk dan warna. Jangan memilih yang murah karena kualitas belum bisa diandalkan.   

  •  Kendali Rem dan suspense : Pencarian mesin bisa dibarengi dengan mencari sistem suspensi yang cocok. Lebih baik menghabiskan banyak uang untuk dua hal tersebut, karena dijamin tahan lama. Cocokkan pula jenis dan tipe ban dengan rem pilihan anda. 

  • Keterangan secara detail : Setelah semua terpasang, anda harus ingat detail yang menangkap perhatian orang, interior, dan eksterior. Pilihlah warna dan teknik sapuan yang tepat, sedangkan untuk bagian dalam, jangan sampai menjatuhkan nilai cantik yang sudah susah payah dibangun bagian luar. 
Apabila anda memang terlanjur menyukai dengan Modifikasi Mobil, ada baiknya anda bergabung dengan komunitas Modifikasi, untuk saling bertukar pengalaman hitung-hitung tambah ilmu dalam Dunia Modifikasi Mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar