
Berikut ini tips panduan agar motor tetap irit :
- Pengapian : Lejutan api yang besar serta timing yang tepat sangat dubutuhkan saat proses pembakaran. Makanya cek kondisi busi, koil serta CDI jangan sampai menurun performanya. Jika perlu ganti CDI dengan tipe racing yang memiliki spek kurva sesuai dengan motor standar. Misalnya pakai CDI XP202, BRT atau Rextor. Hasil test OTOMOTIF, aplikasi CDI racing terbukti mampu menghemat bensin.
- Mesin : Jeroan mesin yang sudah aus bikin tenaga ngedrop. Udah larinya enggak ada tapi justru minum bensin berlebih. Misal piston baret, ring lemah, klep bocor atau paking head bocor. Jika ini terjadi pada motor anda segera perbaiki. Pokoknya jeroan mesin harus dikembalikan seperti kondisi standar.
- Tekanan Ban : Mungkin dikira sepele. Tapi kondisi ban yang kempis bikin tarikan motor jadi berat. Ujung-ujungnya dibutuhkan minum bensin lebih banyak. Apa susahnya sih tambah angin.
- Karburator : Jika spuyer karburator sudah tidak standar lagi atau pernah diganti dengan ukuran lebih besar, sebaiknya dikembalikan ke ukuran standar. Kondisi jarum skep berikut dudukannya (needle jet) yang telah aus sebaiknya diganti baru. "Ciri-ciri needle jet aus, saat digas mesin brebet. Disertai asap knalpot warna hitam. Kondisi seperti ini pasti bikin motor boros. Jangan lupa filter udara dipasang dan dibersihkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar