Jumat, 09 Desember 2011

TIPS MENGETAHUI KERUSAKKAN MESIN PADA MOTOR SECOND

Cara mengetahui kerusakan mesin pada motor second dengan tepat dan cepat termasuk bagian dari kemampuan seorang mekanik dan sangat penting. Bahkan hal tersebut termasuk indikator kualitas mekanik tersebut.

Berikut tips mengetahui kerusakkan mesin pada motor second dan untuk menganalisa mesin ada beberapa metode yang bisa diterapkan :
  • Menganalisa getaran mesin
  • Menganalisa suara mesin
  • Menganalisa keluhan yang terjadi pada mesin
  • Menganalisa performa mesin.

Termasuk metode yang sederhana dan mudah namun sangat bermanfaat adalah metode ride and feel yaitu kendarai dan rasakan. Namun ini memang berkaitan dengan kepekaan seseorang akan tetapi semakin terbiasa akan semakin terlatih.

Sebagai contoh kerusakan yang terjadi pada pen seker dan kerusakan pada dudukan laker kruk as atau laker bandul, keduanya memiliki suara yang sama yaitu tek tek tek, dan suara tersebut dominan dan menonjol ketika mesin angkatan awal mau berjalan. Namun dari sisi getaran yang dirasakan berbeda, kerusakan pada dudukan laker bandul biasanya disertai kerusakan pada laker bandul pula, sehingga getaran lebih besar, dan dari luar getaran akan terasa sampai postep dan kaki kita, sehingga kaki juga cepat pegal karena terkena getaran pula, efek lainya pengapian bisa brebet mesinya, karena bisa berpengaruh pada jarak pulser bila getarannya semakin parah. Adapun getaran karena rusaknya pen seker tidak sebesar itu levelnya. Tentunya keduanya harus segera diatasi agar kerusakan tidak merembet.

Misalkan:jika Kerusakan yang terjadi pada dudukan laker bandul bisa diatasi denganmengganti blok krank case 2 sisi sekaligus, sebagai contoh harga untuk 1sisi milik motor shogun 125 harganya kurang lebih 350.000. namun adaperbaikan yang murah, bawa saja dudukan yang kocak tersebut ketukang bubut bayar 80an ribu beres meski keawetanya tidaksebagaimana yang beli baru. Adapun kerusakan kocaknya pen seker,cukup ganti pen sekernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar