Senin, 15 Agustus 2011

Tips Simpel Membersihkan Radiator Mobil Bekas

Pada mobil bekas jika mesin overheat saat di perjalanan memang membuat kita gerah. Dalam hal ini, radiator perlu kita perhatikan terutama jika airnya kurang. Namun jika hal ini sering terjadi, kemungkinan besar radiator kotor, sehingga saluran air di dalamnya tersumbat kerak-kerak yang sudah lama mengendap dalam sistem pendingin mesin tersebut.

Untuk itu perlu dilakukan pengurasan sederhana. Berikut tips simpel membersihkan radiator mobil bekas :


Setelah mesin dingin dan tutup radiator sudah dibuka, lepaskan klem pengikat slang dari mesin menuju radiator alias slang balik. Gunakan tang untuk melepas klem pengikat slang. Untuk membuka klem, gunakan kunci 8 mm atau obeng minus (-), longgarkan klemnya. Tarik slang dari radiator hingga terlepas dari mulut lubang, kemudian alirkan air ke dalam radiator melalui selang, hidupkan mesin dan biarkan air mengalir.

Lakukan terus hingga air yang berputar dari radiator, ke dalam mesin dan keluar kembali melalui slang menuju radiator yang sudah dilepas tadi. Sudahi langkah ini jika air yang keluar telah menjadi bening yang berarti kotoran sudah tuntas dibersihkan.
Selanjutnya matikan mesin dan pasang kembali slang dan isi kembali radiator secukupnya. Jangan lupa juga  untuk mengisi air pada tabung reservoir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar