Rabu, 24 Agustus 2011

Tips Mengeringkan Mobil Bekas

Apabila anda mengetahui bagaimana cara mencuci mobil bekas sekarang adalah giliran anda mengeringkan mobil. Keringkan mobil secara menyeluruh dengan lap yang selembut mungkin. Lipat lah lap tersebut bolak balik hingga anda menggunakan semua bagian dari lap tersebut untuk tips mengeringkan mobil bekas. Gunakan handuk yang telah digunakan berkali-kali karena handuk tersebut telah menjadi lembut, anda dapat memotongnya menjadi dua apabila handuk tersebut terlalu besar.

Lap microfiber adalah lap yang paling lembut yang sering digunakan para detailer profesional maupun amatir. Berbeda dengan katun, microfiber dibuat dengan menggunakan serat yang 100 kali lebih kecil dari rambut manusia. Ukuran serat yang demikian kecil dibuat untuk menghindari baret pada cat mobil. Microfiber memiliki daya serap air 7 kali lebih baik dari lap biasa dan memiliki kemampuan memisahkan butiran debu yang tersisa sehingga microfiber adalah lap yang terbaik untuk mengeringkan mobil.

Merawat Microfiber : Karena microfiber sangat mahal, maka kita harus merawat nya dengan baik. Cuci lap microfiber dengan menggunakan detergent cair. Jangan gunakan detergent bubuk karena bubuk yang tidak terlarut akan tetap berada dalam permukaan lap dan akan mengeras dan membahayakan permukaan cat anda. Jangan gunakan pemutih maupun pelembut.

Keringkan dengan cara menjemurnya agar tertiup angin. Jangan dijemur di bawah sinar matahari karena hal tersebut buruk untuk lap microfiber.

Plas Chamois : Apa itu chamois? chamois adalah lap berasal dari kulit antelope dan sekarang diganti dengan kulit domba. Kulit tersebut sangat lembut dan memiliki daya serap air yang sangat tinggi.

Mengapa saya tidak menganjurkan untuk menggunakan chamois? Chamois memiliki efek scrubing yang digunakan untuk menarik semua kotoran/debu yang tersisa di cat mobil. Efek ini juga mengikis wax yang sengaja ditinggalkan di mobil agar meninggalkan efek kilap yang lama. Efek pelangi atau bulat melingkar akan terlihat karena scrubing yang dilakukan oleh chamois tidak merata.

Jadi, untuk efek kilap yang lebih lama gunakan microfiber untuk lebih aman nya. Chamois juga dapat digunakan apabila efek kilap di mobil sudah tidak terlalu kentara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar