Kamis, 18 Agustus 2011

Mobil Bekas Hybrid Ramah Lingkungan


Apabila kondisi bumi ini sudah semakin rusak, banyaknya polusi udara yang terjadi semakin mengotori udara yang ada di bumi ini. Selanjutnya akan terakumulasi dan menjadi yang biasa kita sebut dengan pemanasan global. Polusi terbanyak disumbangkan oleh asap kendaraan bermotor, jadi tidak mengherankan jika saat ini mobil bekas ramah lingkungan dengan polusi udara yang rendah menjadi salah satu tuntutan pada saat ini.

Upaya pemerintah untuk mengurangi polusi asap kendaraan bermotor sudah gencar dilaksanaan. Salah satunya yaitu dengan melakukan pembatasan emisi gas buang. Jika melebihi batas ambang yang telah ditentukan, maka mobil bekas tersebut harus dibawa ke bengkel mobil untuk dilakukan setting ulang sehingga nantinya emisi gas buangnya akan menjadi lebih rendah.

Belakangan ini mungkin kita sering dengar atau bahkan lihat di iklan media mengenai mobil bekas hybrid ramah lingkungan (Hybrid Cars). Mobil Hybrid itu sendiri adalah hanya sebuah sebutan dimana modifikasi mobil yang telah ada dengan menggunakan dua sumber daya. Terdiri dari 2 mesin yaitu mesin yang menggunakan bensin sebagai sumber daya dan mesin yang menggunakan baterai isi ulang.

Biasanya mesin dibuat lebih kecil dari mobil-mobil yang ada saat ini untuk mengakomodasi 99% waktu perjalanan pada saat tidak melalui tanjakan atau sedang ngebut. Pada saat mobil berhenti seperti lampu merah maka secara otomatis mesin yang menggunakan bensin akan mati dan digantikan dengan mesin yang menggunakan baterai isi ulang tersebut.

Mobil dibuat lebih ringan dan aerodinamis sehingga dapat lebih meringankan kerja mesin mobil yang menggunakan baterai. Mobil hybrid mengurangi polusi karena dengan pemakaian baterai isu ulang, gas emisi yang dikeluarkan adalah nol.
Yang pasti akan menjadi lebih irit bahan bakar dan bisa dibayangkan dengan kondisi di Jakarta yang tidak pernah tidak macet, berapa banyak bensin yang terbakar hanya untuk macet berjam jam.

Untuk anda yang menyukai kebut-kebutan mungkin mobil Hybrid bukan pilihan ideal anda, karena kemampuannya terbatas tidak seperti mobil mobil berbahan bakar minyak. Disamping itu agak sedikit merepotkan karena anda harus menyisihkan waktu anda untuk mengisi ulang baterai mobil. Yang jelas semua pasti ada kekurangan dan kelebihan, satu yang pasti mobil ramah lingkungan menjadi keharusan saat ini mengingat kondisi bumi yang semakin rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar