Rabu, 01 Juni 2011

Tips Untuk Freestyle Sepeda Motor

Freestyle sepeda motor yang anda lakukan adalah dimana anda harus belajar cara pengereman dengan sempurna sehingga anda dapat meminimalis tingkat kecelakaan dan dalam atraksinya pun anda juga diwajibkan menggunakan pelindung seperti kepala, lengan sampai ke bagian kaki.

Ada beberapa trik yang dilakukan dalam freestyle sepeda motor :
  • Trick wheelie : Wheelie merupakan trick yang mendasar dalam Freestyle, bisa dibilang gampang-gampang susah. Yang membuat wheelie susah adalah mencari titik keseimbangan disertai kita harus bisa memberikan tenaga yang pas agar keseimbangan tetap terjaga. Wheelie bisa menyenangkan, tapi pastikan Anda melakukannya dengan safety dan di tempat yang aman dan mendukung. Pertama dan terpenting, saat wheelie adalah dengan merasakan dan mendengar suara mesin, bukan oleh apa yang dilihat di Tachometer. Setiap orang atau motor mempunyai power yang berbeda dan setelan sproket yang beda pula, jadi anda tidak perlu melihat tachometer anda. 
       Ada tiga cara yang biasa digunakan untuk wheelie :
  • Lepas gas sampai di powerband dengan power rendah (underpower), terus gas sampai mentok (hanya untuk motor besar)
  • Cara ini dinamakan "double tap”. Naikkan motor sampai putaran yang bertenaga, kemudian tutup gas, dan langsung buka.
  • Dan cara terakhir yang cocok untuk motor kecil. Dengan memakai kopling lalu buka gas sampai hampir sampai "power region" (putaran di mana motor mulai bertenaga), tarik kopling sambil menahan putaran mesin, lalu lepaskan kopling, dan motor akan mengangkat.
Inti dari wheelie adalah mencari balance point, lakukan latihan secara bertahap untuk melatih feeling dan sampai bisa merasakan balance point.  
  • Trick stoppie : Stoppie merupakan trick yang berlawanan dengan wheelie. Bedanya, stoppie adalah trick yang mengangkat ban belakang motor sedangkan wheelie mengangkat ban depan motor.
Untuk stoppie, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan :
  • Periksa keadaan ban depan (apakah sudah botak atau belum), berhati-hatilah jika ban depan sudah botak.
  • Periksa keadaan aspal di lokasi latihan (jangan berpasir, berkerikil apalagi tanah). Tidak disarankan berlatih di dalam kondisi hujan. 
Hal yang paling dasar dalam stoppie yaitu teknik pengereman disertai perubahan titik beban yang diberikan kepada motor. Titik keseimbangan dalam stoppie sangat dipengaruhi oleh beban yang diberikan kepada motor. Untuk tahap pembelajaran stoppie, lajukan motor pada kecepatan 40-60 km/jam. Pada saat pengereman, tumpukan berat badan anda pada stang (hal ini berlaku untuk motor sport, kalau untuk motor bebek biasanya badan ditempelkan pada stang), rasakan ban belakang naik. Lakukan secara bertahap, jangan terburu-buru.


 




   
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar