Jumat, 11 November 2011

Tips Mengendarai Mobil Bekas Dijalan Berkabut

Ketika anda mengendarai mobil bekas melewati daerah puncak atau juga saat melewati daerah pegunungan yang berkabut, kita harus ekstra hati – hati karena jarak pandang anda akan terbatas terhadap jalanan didepan anda. 


Untuk itu anda membutuhkan adanya lampu kabut yang bisa andagunakan untuk memberi penerangan pada kondisi jalanan berkabut. Lampu kabut banyak dipakai dimobil offroad atau mobil yang dipakai di daerah berkabut karena lampu jenis ini mampu menembus tebalnya kabut. Nyala lampu kabut berwarna kuning sehingga tidak akan dipantulkan kembali oleh kabut dan bisa menembusnya secara baik.

Meskipun anda sudah menggunakan lampu kabut, anda juga harus selalu waspada karena jika kabut terlalu lebat jarak pandang anda pun juga masih terbatas. Sebagai antisipasi jangan melajukan mobil terlalu kencang untuk menghindari kondisi yang mungkin tidak kita inginkan, seperti mendadak dari arah depan ada mobil yang mengambil jalur anda sehingga harus melakukan pengereman.

Selain menjaga kecepatan mobil anda,dan juga harus menjaga jarak aman dari mobil yang ada di depan. Karena saat kondisi jalanan berkabut anda tidak bisa memprediksi kondisi jalanan di depan, jika mobil didepan anda berhenti secara mendadak, dengan menjaga jarak yang agak jauh maka anda akan mempunyai kesempatan untuk melakukan pengereman. Jarak aman yang bisa anda ambil adalah sesuai dengan kecepatan anda, jika anda menjalankan mobil dengan kecepatan 50 km/jam maka jarak aman anda adalah 50 m. Jarak aman tersebut berbeda-beda tergantung kemampuan pengereman mobil.

Jangan lupa juga gunakan wiper untuk membersihkan kaca depan dari butiran–butiran air yang menempel. Karena butiran air ini akan mengganggu pandangan kita yang ada di dalam mobil. Jika melibas kabut yang cukup tebal hingga menyebabkan kaca berembun pada bagian dalamnya, anda bisa menghilangkannya dengan menghidupkan AC mobil kita. Dengan AC mobil hidup embun tidak akan menempel pada kaca sehingga pandangan anda terhadap jalan menjadi lebih terang.

Jangan lupa juga pemakaian lampu xenon dan lampu halogen, karena lampu jenis ini mempunyai daya pancar cahaya yang lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar