Senin, 21 November 2011

Langkah - Langkah Yang Dilakukan Pasca Membeli Mobil Bekas

Setelah  mendapatkan mobil bekas pilihan anda, ada dua hal penting yang perlu di ketahui. Pertama, melakukan inspeksi serta check and recheck  sebelum transaksi. Kedua, prosedur pascabeli. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah dengan memeriksa mesin, sasis dan bodi. Hal ini untuk menentukan apa saja yang perlu diganti atau diperbaiki.

  • Periksa pada mesin dan transmisi : Sudah seharusnya bila selesai bertransaksi, sebaiknya langsung mengganti semua pelumas, mengganti seluruh filter dan melakukan tune-up. Utamanya soal pelumas dan filter (udara, oli, bahan bakar), sebaiknya diganti semua, sehingga kita mengetahui jadwal penggantian yang tepat.
  • Periksa juga kondisi pasokan bahan bakar, setelah melakukan dengan tune-up, baik yang masih menggunakan karburator ataupun injeksi berikut saluran dan pompa bahan bakarnya. Sebab ketidak beresan di bagian ini berefek pada performa dan konsumsi bbm.
  • Untuk melanjutkannya dengan memeriksa dan jangan ragu untuk mengganti timing belt  bila kondisinya sudah tak layak. Lakukan hal yang sama dengan v-belt.
  • Periksa ke sistem pendinginan mesin. Kuras dan ganti air radiator, termasuk yang ada di tabung resevoir. Untuk mesin yang menggunakan electric fan,  periksa apakah putaran motor listriknya masih cukup kencang. Sebab bila sudah lemah, mobil kerap mengalami overheat  saat terjebak kemacetan.
  • Periksa pada sistem kelistrikan. Untuk yang masih menggunakan aki konvensional, periksa jumlah dan kondisi air akinya.
  • Jika ada gelembung udara, berarti sel aki tersebut mendidih dan kemampuannya menyimpan arus sudah berkurang. Lakukan servis AC dengan mengganti oli kompresor berikut refrigerant-nya serta membersihkan unit internal AC.
  • Apabil mobil bekas sudah berusia 10 tahun lebih atau odometer sudah kembali ke 0, idealnya turun mesin. Walau tak ada part yang aus, Anda dapat memastikan kondisi mesin dan membersihkan tumpukan kerak. Ini menghemat pengeluaran tak terduga di kemudian hari yang acap lebih tinggi dari biaya turun mesin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar