Selasa, 10 Januari 2017

Penyebab Motor Bergetar Saat Digunakan

Kenyamanan saat berkendara motor merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Apalagi, ketika motor yang dibeli adalah sepeda motor bekas. Hal ini akan menjadi salah satu faktor utama yang diperhatikan saat memilih motor untuk dibeli. Yah, kalau harganya di atas budget, kan tinggal mengajukan kredit kendaraan bermotor untuk motor bekas. Yang penting, motor yang dibeli nyaman dan aman saat digunakan.


Yap, kenyamanan berkendara ini memang bisa berbanding lurus dengan keamanan. Sebab, saat kita merasa nyaman berkendara, maka konsentrasi kita akan full terhadap kondisi jalan di sekeliling kita. Namun, jika kita merasa ada sesuatu hal yang tidak beres pada motor sehingga terasa tidak nyaman, konsentrasi kita pasti akan terpecah dan secara tidak langsung dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Ada banyak hal yang mempengaruhi kenyamanan, salah satunya yaitu motor yang bergetar pada saat digunakan. Untuk masalah ini sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Baut yang tidak terpasang dengan benar

Baut berfungsi sebagai penyambung antar komponen pada motor. Tidak hanya pada mesin saja, tetapi juga pada bagian body motor. Ketika ada bagian baut yang tidak terpasang dengan benar, maka tentu saja membuat komponen tersebut terasa bergetar. Getaran ini akan lebih terasa lagi ketika motor dikendarai dalam kecepatan tinggi.

  • Adanya masalah pada ban

Ban adalah komponen motor yang bersentuhan langsung dengan jalan. Pada saat terdapat masalah pada komponen ini, secara otomatis akan menyebabkan motor terasa bergetar. Beberapa contoh masalah ini yaitu, ban dengan ukuran angin yang tidak tepat, terdapat benjolan pada ban, dan berbagai hal lainnya.

  • Kondisi V-Belt tidak sehat

Hal ini terjadi hanya pada motor matic. Komponen ini berfungsi untuk meneruskan putaran pulley bagian depan (mesin) dengan pulley belakang (roda). Atau bisa dikatakan, V-Belt ini menggantikan fungsi rantai pada sepeda motor manual. Kondisi V-Belt yang sudah mulai tidak sehat, dapat menyebabkan motor bergetar. Dan, jika tidak segera dilakukan penanganan maka tidak menutup kemungkinan V-Belt ini akan putus dan menyebabkan motor tidak mampu berjalan.

  • Masalah pada rumah CVT

Rumah CVT pada motor matic ini berisikan berbagai komponen penting, seperti fan belt, weight set, clutch housing, CVT spring dan juga roller CVT. Jika ada salah satu komponen di dalam rumah CVT ini yang tidak berfungsi dengan normal, maka dapat menjadi penyebab munculnya getaran pada saat motor digunakan. Sebab itulah, penting untuk menjaga agar semua komponen ini dalam kondisi sehat dan dapat berfungsi dengan baik. (Vita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar