Rabu, 18 Januari 2017

Hati-Hati Dalam Memilih Cover Pedal Mobil

Meskipun bentuknya kecil dan lokasinya tersembunyi, tapi cover pedal adalah salah satu hal yang paling sering digunakan saat seseorang ingin memodifikasi mobilnya. Komponen ini, dianggap sangat dapat mempengaruhi penampilan mobil. Akan tetapi, untuk kamu yang tertarik untuk menggunakan cover pedal untuk mobil kesayanganmu, sebaiknya berhati-hati saat memilihnya. Sebab, pemilihan cover pedal yang salah, justru dapat berakibat fatal. Yah, meskipun mobilmu sudah dilindungi asuransi mobil all risk, tetap saja kamu pasti tidak mau kan terlibat kecelakaan?

Mungkin kamu masih bingung, memangnya iya variasi sekecil ini bisa menyebabkan kecelakaan? Yap, tentu saja bisa. Nah, supaya lebih jelas, berikut ini adalah penjelasan lebih detailnya.

Setiap mobil memiliki ukuran pedal yang berbeda. Sebab itulah, saat kamu membeli cover ini sebaiknya bawa mobilmu dan pasang di tempat. Dengan begini, kamu akan bisa melihat apakah ukuran cover ini sesuai dengan pedal mobilmu atau tidak. Cobalah untuk menekan seluruh pedal pedal dalam kondisi mesin mobil mati. Pastikan, bahwa seluruh pedal dapat berfungsi normal dan tidak tersangkut. Sebab, jika ada satu saja pedal yang tersangkut, baik saat ditekan maupun dilepas, dapat sangat berbahaya. Misalnya saja saat kamu harus menekan pedal rem dengan cepat, namun pedal ini justru tersangkut. Akibatnya, mobil tidak bisa berhenti dan terus melaju tak terkendali. Sangat berbahaya, bukan?

Selain ukuran, bahan dan bentuk cover pedal ini juga harus kamu perhatikan. Ada beberapa orang yang menggunakan cover pedal untuk membantu saat ingin menginjak pedal, karena pedal yang asli berukuran terlalu kecil. Untuk alasan ini, biasanya model dan bahan tidak terlalu diperhatikan, yang penting cover dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Namun, jika pemasangan cover ini bertujuan untuk modifikasi, biasanya seseorang lebih terfokus pada model tanpa mempertimbangkan bahan dan bentuk dari segi keamanannya.

Misalnya, dari segi bahan. Jika bahan yang digunakan untuk pembuatan cover pedal ini kurang bagus, tidak menutup kemungkinan akan mudah rusak. Namun, karena tertahan oleh pedal, bisa jadi kerusakan ini berupa retakan yang akan berisiko melukai kaki saat kamu menginjaknya.Apalagi, banyak loh orang yang mengendarai mobil tanpa alas kaki. Cover pedal dengan kondisi ini tentulah akan sangat membahayakan. Selain itu, bentuk yang kurang memperhatikan keamanan misalnya terdapat tonjolan tajam pada bagian atas ccover. Sebenarnya, tonjolan ini bisa berfungsi untuk mengurangi kemungkinan slip saat menginjak pedal, namun jika dibuat tajam justru dapat berbahaya.
Selain jenis pedal, kamu juga harus sangat memperhatikan pemasangan cover pedal ini. Pastikan bahwa cover sudah terpasang dengan baik dan tidak longgar. (Vita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar