Senin, 16 Januari 2017

Gaya Berkendara yang Mempercepat Kerusakan Mobil

Bagi sebagian orang, berkendara dengan mobil Mitsubishi Pajero Sport kesayangannya adalah hal yang menyenangkan, dan dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan pikiran. Untuk tipe yang seperti ini, biasanya akan sangat menjaga kondisi kendaraannya agar dapat selalu nyaman dikendarai. Sayangnya, tidak semua orang berpikir seperti ini. Banyak yang menganggap berkendara adalah hal yang biasa, jadi tidak begitu peduli dengan kondisi kendaraannya. Akibatnya, tidak hanya perawatan yang tidak mereka perhatikan, tetapi juga gaya berkendaranya.

Yap, gaya berkendara itu ternyata sangat berpengaruh juga loh pada kondisi mobil. Gaya berkendara yang salah atau cenderung kasar, bahkan bisa berisiko mempercepat kerusakan mobil. Nah, gaya berkendara apa saja sih yang termasuk di dalamnya? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Penggunaan gigi yang salah

Baik mobil dengan transmisi manual ataupun transmisi matic memiliki aturan saat berkendara. Sebelum mulai berkendara, sebaiknya cobalah untuk memahami aturan ini. Sebab, kesalahan dalam penggunaan gigi akan dapat memprcepat kerusakan komponen ini. Kesalahan yang dilakukan biasanya adalah penggunaan gigi yang kurang tepat pada mobil manual, dan kesalahan penggunaan overdrive pada mobil matic.
  • Menyetir dengan kasar

Ada banyak sekali contoh gaya menyetir yang kasar. Misalnya, memutar stir secara penuh secara cepat hingga terdengar bunyi. Menekan gas secara penuh tiba-tiba, dan kemudian melakukan rem mendadak tidak lama setelahnya. Dan berbagai contoh lainnya. 
  • Berkendara dengan kecepatan tinggi

Apa artinya mobil tidak boleh digunakan mengebut? Sebenarnya bukan begitu juga. Hanya saja, perhatikan juga kondisi jalanannya. Misalnya, jika berkendara di area yang cukup ramai, mengebut tidak hanya berisiko menyebabkan kecelakaan saja, tetapi juga dapat merusak rem lebih cepat. Sebab, setiap kali ada hal yang menghalangi laju kendaraan pasti pengendara akan melakukan rem mendadak. Selain dalam kondisi jalanan yang cukup padat, berkendara dengan kecepatan tinggi pada jalanan yang kurang bagus (berlubang) juga akan mempercepat kerusakan mobil. Khususnya, untuk komponen per mobil. Apalagi, jika mobil yang digunakan adalah mobil sedan atau city car, yang tidak didesain untuk kondisi jalanan seperti ini.

  • Terlalu sering menggunakan komponen yang tidak perlu

Apa yang dilakukan saat menemukan jalanan macet? Menekan klakson terus menerus? Nah, hal ini juga sebenarnya tidak disarankan. Sebab, klakson jika ditekan dalam waktu yang cukup lama secara terus menerus dapat berisiko mengalami konslet. Begiu juga jika menggunakan lampu dim dalam jangka waktu yang lama. Selain berisiko menyebabkan konslet, lampu dim yang dinyalakan dalam waktu lama juga dapat berbahaya bagi pengendara yang berbeda arah dengan kita. (Vita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar