Jumat, 28 Oktober 2011

Tips Membersihkan Rantai Pada Motor Second

Perawatan pada motor second tidak harus pada mesin dan penampilannya saja, tapi juga pada rantai roda vital di motor harus juga sering diperhatikan untuk perawatannya, agar dijaga kebersihan dari pasir, debu dan air agar dapat berfungsi baik. Jika diabaikan cepat aus, kendur bahkan bisa putus di jalan.

Agar tahan lama dan awet, harus dibersihkan juga dilumasi. Namun sebelum memberikan pelumas pada rantai, sebaiknya periksa kondisi rantai itu. Jika kotor, ada baiknya bersihkan rantai lebih dulu.

Untuk tips membersihkan rantai pada motor second, baiknya pakai air sabun dibantu sikat. Cara ini terbilang lebih aman meskipun temponya cukup lama apalagi debunya campur oli.

Jika kotoran sulit terangkat, atasi dengan bensin atau solar. Contohnya saat membersihkan rantai motor bebek. Seluruh bagian hingga ke celah rantai harus dibersihkan, sekaligus permukaan gir depan maupun belakang. Kalau sudah bersih, diuci air sabun dan dibilas air bersih. Tapi, jangan biarkan terlalu lama dan segera keringkan menggunakan lap kain untuk mencegah karat.

Lanjut semprotkan pelumas secukupnya secara merata. Pakainya oli baru yang punya kekentalan atau SAE 60W dan jangan gunakan gemuk. Karena sifat gemuk yang lengket membuat pasir dan debu mudah menempel hingga menyebabkan abrasif.

Selain kebersihan rantai, periksa dan sesuaikan ketegangan rantai agar tidak memberikan efek entakan saat motor berakselerasi maupun deselerasi. "Rantai kendur juga menimbuklkan suara berisik.

Perhatikan juga jenis rantainya motor. Jika memiliki sistem pelumasan tertutup yang tiap mata rantai terdapat sil karet, tidak dianjurkan menggunakan bensin saat pembersihan. Karena merusak karet-karet sil.

Tips Merawat Cat Body Motor Second

Meski sering kali anda sudah membersihkan dan sirami dengan air untuk mencucinya, tapi tetap saja semakin lama bodi motor second anda terlihat kusam dan tak menarik. Dengan tampilan yang beda sering membawa kesan tersendiri. Selain saat ini tampilan-tampilannya cat motor sudah dirancang menarik oleh produsen sepeda motor tersebut, ditambah perawatan, akan membuatnya tampil lebih berkelas dan juga menambah keyakinan sehingga bangga dalam mengendarainya.

Banyak iklan-iklan pemoles bodi sepeda motor di televisi dengan menggunakan sepeda motor tipe sport, menampilkan bintangnya bercermin pada tangki bensinnya yang mengilat. Body sepeda motor yang umum beredar di Indonesia sebagian besar terbuat dari bahan plastik padat yang mempunyai karakteristik mudah pecah, tergores, dan pudar sehingga perlu disiasati agar body kendaraan anda tidak rusak, berikut ini tips merawat cat body motor second

Jika pada musim kemarau usahakan kendaraan Anda selalu dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran yang ada selama Anda mengendarai kendaraan tersebut. Tempatkan sepeda motor di tempat yang teduh supaya cat tidak mudah kusam dan pudar warna kendaraan Anda. Jika ingin membersihkan debu yang menempel di bodi, jangan menggunakan lap kering karena dapat menyebabkan tergoresnya cat. Sebaiknya bersihkan debu dengan bulu ayam.

Lakukan pencucian kendaraan Anda dengan sampo yang banyak beredar di pasaran. Jangan menggunakan sabun atau deterjen karena akan merusak bodi kendaraan Anda dan yang paling penting langsung dilap sampai kering dan sisa-sisa sabun hilang. Sisa-sisa sampo membuat cat menjadi kusam. Dalam mencuci sepeda motor, sebaiknya gunakan lap yang berpermukaan halus dan tidak berserat agar cat tidak tergores.

Dampak negatif air hujan. Jangan abaikan juga perawatan bodi saat musim penghujan tiba. Air hujan bersifat asam, lebih parah lagi di kota-kota besar. Air yang asam tersebut akan merusak cat, bahkan jangka panjangnya bisa korosi. Maka, pada saat-saat itu perawatan bodi mutlak harus Anda lakukan karena kadar asam yang terdapat dalam air hujan bisa memupus angan-angan Anda untuk memiliki kendaraan yang mengilat dan bernilai jual tinggi. Untuk mencegah kerusakan pada cat, bekas-bekas air hujan pada bodi harus di bersihkan dan dikeringkan. Jangan sekali-kali membiarkan sepeda motor Anda teronggok begitu saja sehabis seharian diguyur air hujan atau basah karena melewati genangan air karena di samping merusak cat, juga bisa mengakibatkan karat pada mesinnya.

Dampak negatif kondisi pinggir laut. Daerah pinggiran laut memiliki udara dengan kadar garam yang tinggi, apalagi airnya. Sepeda motor yang sering digunakan di daerah tersebut perlu mendapat perawatan ekstra akibat pengaruh garam tersebut. Garam terkenal sangat korosif terhadap logam, misalnya pada mesin atau pelek. Bagi Anda yang hobi jalan-jalan-ke pantai, segera bersihkan dari dampak garam tersebut dengan mencuci bersih sepeda motor memakai sampo yang direkomendasikan.

Cat tidak boleh terlalu sering dipoles. Penggunaan pemoles bodi yang membuatnya mengilat dan terlalu sering akan menipiskan lapisan cat.

Sekian tips singkat tentang informasi otomotif dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca dan para bikers.

Tips Memperbaiki Blok Mesin Motor Second

Jika mesin motor second anda sering mengalami kerusakan pada bagian blok atau secara tiba-tiba blok motor anda sering banjir. Anda jangan langsung memutuskan untuk membawa kendaraan anda ke bengkel, karena ada cara yang lebih efektif dalam menangani kerusakan seperti ini.

Maka cara yang cepat untuk tips memperbaiki blok mesin motor second tersebut ialah dengan membuka blok besin motor anda dengan sebuah obeng tentunya, ada syarat yang paling utama adalah anda harus memilik perlengkapan seperti kunci-kunci, tang, obeng dan perlengkapan lainnya. Karena jika anda sudah memiliki perlengkapan tersebut tapi anda tak tahu caranya, kan percuma.

Berikut ini penjelasannya :  Siapkan Peralatan anda seperti obeng dan tang, Buka satu persatu sekrup yang mengunci blok mesin pada motor anda.
Setelah semua penutup blok terbuka, coba anda perhatikan ‘pelampung‘ yang terdapat di dalam blok mesin motor anda .

Bila ‘pelampung‘ yang terdapat pada blok mesin Anda terlihat baik, maka coba Anda periksa saluran atau selang bensin yang menghubungkan mesin ke tangki pengisian. Bila semua dirasa baik-baik saja, silahkan anda coba untuk meng’engkol atau men'sela motor anda sesekali.
Penjelasan di atas menjelaskan bila ‘ pelampung ‘ yang terdapat pada blok mesin Anda dalam kondisi baik. Bila ‘pelampung‘ tersebut dalam keadaan tidak normal, Ada cara mudah kok untuk memperbaikinya. Buka tiap-tiap baut pada penutup pelampung, Goyang-goyangkan lah pelampung tersebut dengan gerakan ke atas dan kebawah.
Bila salah satu kipas yang terdapat pada ‘pelampung‘ itu ada yang bengkang, maka betulkanlah kipas tersebut.

Jangan lupa menutup keran mesin motor anda bila anda sedang memperbaiki kerusakan tersebut, karena bisa membahayakan diri anda dan orang lain.

Demikian tips informasi otomotif yang dapat saya tulis, semoga bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya.

Kamis, 27 Oktober 2011

Tips Merawat Lapisan Krom Pada Motor Second

Pada motor second banyak bagian part motor yang berlapiskan krom, sebut saja dari knalpot, gagang spion sampai rak barang. Kesan yang timbul, motor terlihat lebih mewah dan elegan. Makanya perlu perawatan khusus supaya lapisan krom tetap terlihat kinclong tanpa khawatir bikin pudar.

Memang, di pasaran onderdil banyak yang menjual obat poles khusus krom. Tapi kalau mau cara mudah dan gampang, ada sedikit tips merawat lapisan krom pada motor second biar enggak perlu belanja ke toko spare-part, tapi bisa cari di pasar tradisional, atau apotek. Hanya butuh perlakuan halus untuk merawat krom.

Krom bisa dirawat dengan tepung kanji atau bedak khusus bayi, bersihkan dahulu barang yang sudah berlapis krom dengan sabun cuci piring, dan gunakan air mengalir, bukan air bertekanan tinggi," Intinya, sabun cuci piring diyakini punya kemampuan lebih untuk mengangkat kandungan lemak ataupun oli yang tertinggal. begitu juga penggunaan air bertekanan yang bisa membuat lapisan krom terkelupas.

Setelah bersih, lanjutkan dengan memoles permukaan krom pakai bedak bayi, atau kalau mencari di dapur, coba gunakan tepung kanji. "Bedak bayi dan tepung kanji lebih halus dan enggak ada partikel yang bisa merusak lapisan krom,".

Maksudnya, biar tak kasatmata terlihat, tapi partikel halus yang terkandung dalam obat poles akan membuat lapisan krom pudar. Indikasinya, lama kelamaan krom akan terlihat kuning, dan efek paling parah, lapisan krom akan hilang.

Beda dengan obat poles yang bukan diperuntukkan krom, biasanya ketika dipegang, akan terasa partikel seperti pasir, walau halus. Saat memoles, bisa dengan gerakan memutar, atau bisa juga searah. Tinggal poles saja beberapa bagian misal knalpot atau gagang spion.

Jangan ketinggalan bagian tekukan, soalnya pada bagian ini lapisan krom paling tipis. Jadi harus ekstra hati-hati. Dan  jangan lupa menggunakan kain lap halus ketika memoles krom nya.

Rabu, 26 Oktober 2011

Tips Pemasangan Box Pada Motor Second

Pemakaian bagasi atau yang lebih dikenal box motor kini tengah menjadi trend dikalangan bikers. Pengadopsian box ini selain memiliki manfaat bagi pengendara juga menjadikan motor second menjadi lebih fashionable. Dengan banyaknya para pengguna sepeda motor yang menggunakan box sebagai aksesoris motor murah tambahan yang menempel pada sepeda motornya. Pada umumnya box yang di gunakan oleh pengguna sepeda motor ada dua jenis, yaitu box belakang dan box samping. Salah satu produsen box motor berlabel GIVI menjadi pelopor perkembangan penggunaan box motor di tanah air. Box yang berasal dari Italia ini menjadi pilihan para bikers karena model-modelnya yang modis dan elegan.

Bagi anda yang berminat memasang box motor agar tampilan motor anda menjadi lebih modis dan praktis membawa barang-barang, anda dapat memasang sendiri box sendiri tanpa harus kebengkel. Berikut tips pemasangan box pada motor second, dalam hal ini penerapannya pada motor second matic, namun tips ini tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan pada motor lainnya.

Untuk pemakaian box, hal yang paling utama adalah pemilihan box dalam arti disesuaikan dengan postur motor. Ada baiknya ukuran box tersebut di sesuaikan dengan dimensi motor anda, paling tidak di sesuaikan dengan kebutuhan kita,seperti barang apa yang biasa kita bawa dan isi dari box tersebut nantinya.Jangan sampai anda salah membeli ukuran dan kurangnya harmonisasi antara ukuran box dengan dimensi motornya.

Pengguna sepeda motor banyak yang mulai memasang box belakang menjadi box samping untuk membuat tampang motornya menjadi semakin gemuk dan gagah tetapi tolong untuk yang memasang box perhatikan juga ukuran sepeda motornya jadi  jangan sampai motor kecil menggunakan box yang berukuran besar. Jadi gunakan ukuran box yang sesuai dengan ukuran sepeda motor.

contohnya, misalnya sepeda motor matic Honda Vario malah menggunakan box Givi jenis E55 Maxia dan Side Box V35 tidak seimbang karena itu terlau kebesaran dan agar memilih box sesuai dengan postur motornya, anda sesuaikan jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar Bagi pengendara motor matic untuk memakai GIVI E35 yang memiliki kapasitas 35 liter. "Vario punya bodi besar, cocoknya pakai (GIVI) E35. Box ini dapat memuat helm, jaket sampai tas." terbilang cukup mudah dan tidak perlu merubah bentuk asli motor. Pertama behel belakang di copot, caranya dengan melepas baut pengikat behel dengan kunci ring lalu diganti braket atau dudukan box. Kemudian pasang box lalu dikencangkan dengan baut bawaan pabrik. "Jadi tidak ada perubahan sama sekali." 

Selasa, 25 Oktober 2011

Tips Merawat Motor Second Empat Tak

Tentang bagaimana dasar-dasar tips merawat motor second empat tak, jika ini dilakukan secara rutin di jamin motor second anda bisa lebih awet, Berikut dibawah ini tips nya :

Cek Kondisi Oli : Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi dari kendaraan kamu.


Cek Kondisi Aki : Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Kalau perlu tambahkan aki pada pagi hari. Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya. Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir : Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai.

Periksa Kabel Koil dan Busi : Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin : Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin selama 1 Menit : Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

Periksa tekanan angin ban : Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak sesuaikan dengan ukuran ban yang kamu pake.

Gunakan Selalu Sparepart Asli  : Lebih baik menggunakan sparepart asli dari motor kamu mungkin lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, murah tapi kalau harus ganti-ganti terus ya sama aja mahal kan, daya tahannya juga kurang kalau pake yang imitasi.




Senin, 24 Oktober 2011

Tips Memakai Program Kredit Motor Second


Pilih dan kenali dulu sepeda motor second yang anda inginkan. Jika anda sudah mempunyai pilihan sepeda motor second maka perhatikan hal-hal sebagai berikut : 
  • Sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda dalam pembayaran Angsuran, karena beberapa lembaga keuangan kredit akan mengambil sepeda motor Anda jika telat membayar angsuran dalam jangka waktu dua bulan.
  • Hitunglah harga total sepeda motor yg Anda beli dan bandingkan dgn angsuran perbulan dan lamanya kredit.
  • Sebaiknya ambil Kredit motor Murah yg DP besar angsuran ringan dan jangka waktu singkat, untuk untuk hal ini Anda bisa konsultasi dgn customer service.
  • Jangan mudah tertipu dgn bujuk rayu marketing atau sales, karena dibalik itu semua beberapa dari mereka hanya mengejar target penjualan.
  • Ambilah sepeda motor secara langsung tanpa melalui jasa orang lain, jadi Anda sendiri dapat berkomunikasi langsung dgn pihak dealer tanpa harus melalui perantara (calo). Hal ini karena adanya komisi yg diberikan dari pihak dealer kepada calo atau perantara pembeli.
  • Ingat hindari calo (perantara) karena telah terjadi banyak penipuan penjualan sepeda motor yg dilakukan oleh calo dgn janji-janji kemudahan proses pembelian sepeda motor.
  • Kredit motor second murah dapat dilakukan pada saat dealer melakukan promosi. Biasanya akan ada discount yg nilainya lumayan besar. Seperti promosi saat lebaran, natal, dan tahun baru.
  • Buka wawasan anda tentang sepeda motor, jika Anda seorang pecinta sepeda motor dan selalu ingin tampil update dgn sepeda motor sebaiknya tanya dulu tentang launching produk baru. Jangan sampai Anda membeli sepeda motor baru type lama.
Demikian tips memakai program kredit motor second mungkin akan berguna untuk anda ketahui jika ingin membeli motor dengan cara kredit motor second murah.

Sabtu, 22 Oktober 2011

Langkah - Langkah Kemungkinan Mobil Bekas Mengeluarkan Asap

Pengguanan pada mobil bekas sekarang rata-rata sudah menggunakan mesin dengan siklus kerja empat langkah. Yang membedakan dengan mobil-mobil tipe dua siklus kerja atau dua langkah adalah tidak adanya asap yang keluar dari knalpot.

Jika dari knalpot mobil-mobil empat siklus kerja tersebut keluar asap, berarti hal tersebut menandakan bahwa ada kelainan yang terjadi pada jeroan mesin mobil kita.

Secara mendasar gangguan yang menyebabkan pengasapan pada knalpot dapat dilihat dari warna asap yang keluar dari knalpot mobil. Apabila asap yang keluar itu berwarna hitam keabuan, akibat dari karburator banjir. 
Gangguan ini disebabkan salah setting karbu. Jika gejala ini dibiarkan akan merembet pada busi. Untuk mengatasinya atur ulang setelan karburator di bengkel mobil sehingga didapatkan komposisi campuran bahan bakar dan udara yang pas.

Sementara pada mesin injeksi, coba lakukan pemeriksaan pada filter udara yang kemungkinan kotor, atau melakukan penyesuaian pada peranti ECU (electronic control unit) yang bertugas mengatur besaran pembakaran pada mesin. Untuk yang satu ini, tidak semua bengkel bisa melakukan setting ECU. Pilih bengkel yang mempunyai kemampuan khusus untuk menangani setting tersebut.

Jika asap yang ditimbulkan berwarna putih, hal tersebut diakibatkan oli masuk ke dalam ruang pembakaran. Keadaan ini bisa disebabkan ausnya ring seher yang berfungsi menahan oli agar tidak masuk ke ruang pembakaran.
Persoalan ini harus diselesaikan dengan mengganti ring seher yang bisa kita dapatkan di toko onderdil mobil. Tapi jika kerusakannya lebih parah, maka yang perlu dilakukan adalah mengganti piston dengan ukuran yang lebih besar atau dengan istilah oversize di bengkel bubut yang menangani oversize mesin.

Jumat, 21 Oktober 2011

TIPS MELEPAS TERMINAL AKI MOBIL BEKAS

Jika berurusan dengan aki ? Mungkin banyak orang berfikiran agak merepotkan. Hingga kini masih banyak yang bertanya mengenai bagaimana prosedur yang benar tips melepas terminal aki mobil bekas. Prosesnya sendiri sangat simpel, tinggal kendurkan pakai baut dan copot kedua terminal itu. Memasangnya kembali pun tinggal dikencangkan saja. Prosedur melepas kepala aki pun bisa semudah prosesnya.Bagian yang paling kena dampak pencabutan aki hanya di seputar interior. Beberapa peranti memang bisa kena reset setelah mengganti aki. ECU dianggap bisa terkunci bila salah melakukan prosedur mengganti aki. Pada dasarnya, prosedur penggantian aki tidak memerlukan perlakuan khusus dengan engine scanner setelah aki baru terpasang. Tidak perlu memasukkan kode khusus sebagai kunci pembuka fungsi ECU kembali. Cukup lakukan seperti wajarnya penggantian aki. Selebihnya, yang kena reset hanya beberapa peranti di interior. Paling kentara adalah jam dan setelan pada audio dimana semua simpanan frekuensi stasiun radio bisa hilang. Ada beberapa mobil bekas yang punya cadangan daya buat jam ini, namun rata-rata jam digital bisa berubah setelah mencopot aki. Jangan lupa setting kembali power window atau sunroof yang punya fitur auto. Biasanya setelah cabut aki, fitur ini tidak aktif. Caranya mudah, cukup dengan menekan atau menarik tombol power window sekitar 10 detik, fitur itu bisa aktif kembali.
Cabut terminalnya, taruh aki pengganti dan pasang lagi di kedua kutub aki. Hanya saja, perlu hati-hati. Karena ECU mirip komputer desktop di rumah anda. Komputer tidak baik dimatikan dengan mencabut langsung kabel catu dayanya.
 Pastikan semua fungsi ECU sudah mati. Misalnya mesin sudah mati sempurna, indikator di dasbor pun sudah padam. Karena kalau tidak, bisa jadi masih ada arus data yang mengalir di sistemnya. Nah, itu yang bisa bikin masalah. Yang kena reset paling hanya fail save. Kalau ada indikator yang menyala karena ada yang tidak beres, mencopot aki bisa bikin mati indikator. Kecuali buat mobil yang ada immobilizer, karena biasanya terekam dalam chip immobilizer. Khusus buat Toyota Kijang Kapsul bermesin 7K-E 1.800 cc injeksi, setelan CO bisa berubah kalau aki dicopot. Untuk itu sebaiknya AFR diperiksa ulang setelah mencopot aki

Rabu, 19 Oktober 2011

Tips Membersihkan Mesin Mobil Bekas

Jika ingin membersihkan mesin mobil bekas bisa dibilang riskan karena ada potensi merusak kelistrikan mobil namun bukan berarti sama sekali tidak diperbolehkan. Oleh karena itu proses pencucian harus dilakukan dengan cermat dan berhati-hati. 

  • Persiapan Mencuci Mesin : Mencuci mesin ketika kondisi hangat sangat baik, bila mesin masih dalam keadan dingin lakukan pemanasan dalam waktu beberapa menit.Setelah mesin sudah hangat, tutup bagian-bagian pengapian pada mesin seperti Distributor, Koneksi, Kabel-kabel busi serta sistem elektronik mesin, kemudian bagian-bagian pengapian tersebut ditutup dengan menggunakan lembaran kantong plastik, ikat dengan karet gelang atau isolasi untuk menghindari kebocoran. Atau bisa juga menutup dengan alumunium foil, karena dapat direkatkan mengikuti lekukan komponen. Jangan lupa mengecek tutup oli mesin dan tongkat pengecek oli (dipstick) sudah terpasang dengan baik.
  • Proses Pencucian Mesin : Setelah semua bagian pengapian sudah aman, maka mesin mobil sudah siap untuk dibersihkan. Untuk mempermudah pencucian pakailah semprotan air yang bertekanan tinggi. Pertama yang harus dibersihkan adalah bagian bawah kap mesin dengan disemprot menggunakan air, baru setelah itu bagian dinding mesin.Untuk mencuci bagian bawah kap mesin gunakan sabun krim, karena sabun krim dapat melarutkan kotoran yang bercampur lemak dan juga oli. Gosok menggunakan sikat yang berbulu agak kasar, jika telah selesai cepat bilas dengan air, jangan sampai air sabun kering dengan sendirinya karena akan berbekas. Keringkan dengan menggunakan kain, sehingga tidak ada lagi air yang menetes ke mesin.Pencucian selanjutnya adalah mencuci ruang mesin, pertama semprot menggunakan air dimulai dari blok mesin bagian belakang kemudian bagian depan. Untuk membantu proses penyabunan bisa menggunakan spons, sedangkan untuk mengangkat kotoran bisa menggunakan kuas atau sikat gigi agar bisa menjangkau bagian yang sulit. Setelah itu, keringkan seluruh bagian mesin dengan chamois dan juga handuk.
Seluruh proses harus dilakukan dengan cermat. Apabila anda ragu sebaiknya proses ini diserahkan kepada salon mobil. Namun tanyakan dulu langkah-langkah mereka dalam mencuci mesin mobil, bila proses yang mereka paparkan terkesan sembrono, kurang professional atau tidak masuk akal maka tinggalkan salon tersebut dan cari salon lain. Tanyakan juga garansi hasil pengerjaan bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selasa, 18 Oktober 2011

TIPS MERAWAT PINTU MOBIL BEKAS

Jika perawatan pada mobil bekas dilakukan secara rutin dan teliti, hingga bisa memberikan rasa aman dan nyaman pada saat berkendaraan. Jangan lupakan untuk selalu membersihkan pintu mobil karena sering luput dari perhatian pemiliknya, padahal jika terjadi kerusakan bisa berakibat fatal. Misalnya, bila rel kaca sudah getas sehingga air bisa masuk ke celah pintu dan membuat mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Sehingga saat naik turunnya kaca akan terasa berat dan harus dibantu dengan tangan. Belum lagi terdengar suara berderit, serta pemutar kaca bisa macet seketika. Hal lainnya yang mungkin mengganggu adalah gagang pintu, jika pelumas untuk mekanisme pembuka pintu mengering, pintu akan sulit dibuka.

  • Sediakan peralatan: obeng plus dan min, kuas, solar, gemuk dan pelumas semprotan.
  • Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah. Buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil pin.
  • Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan power window copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap.
  • Bersihkan gigi regulator dan olesi dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
  • Periksa tangkai pengimbang regulator dan rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.
  • Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.

CARA MEMBERSIHKAN INTERIOR MOBIL BEKAS

Perawatan pada mobil bekas seperti cara membersihkan interior mobil bekas bisa dilakukan sendiri, baik di waktu luang saat weekend  maupun setelah melakukan perjalanan liburan. Demikian pula dengan alat serta bahan yang digunakan. Yang terpenting adalah ketelitian dalam melakukannya

Plafon merupakan area yang paling jarang tersentuh kotoran. Apalagi jika di dalam mobil tidak ada yang merokok. Namun bisa saja, tangan kotor anak Anda menyentuh plafon. Sebelum membersihkannya, perhatikan bahan pembuat plafon. Jika mobil Anda menggunakan plafon fabric,  proses kerjanya lebih mudah. Anda tinggal menyemprotkan cairan pembersih, dan seka perlahan dengan sikat halus. Lakukan gerakan searah agar tidak merusak seratnya. Lap dengan kain mikrofiber untuk mengangkat kotoran. Untuk mempercepat pengeringan bisa dibantu vacuum cleaner.
Jika plafon memakai bahan beledu. Setelah menyemprotkan cairan pembersih, coba usap perlahan dengan sikat. Perhatikan arah bergeraknya bulu-bulu beledu. Apabila bulu-bulu tersebut terangkat, artinya Anda salah arah dalam menyikatnya. Namun jika bulu-bulu tetap tidur, berarti Anda sudah benar. Penting untuk mengetahui arah pegerakan sikat untuk mengantisipasi tercabutnya bulu-bulu halus dari beledu. Serat beledu bersifat sensitif. Usahakan untuk tidak menyentuhnya jika tidak terpaksa. Sedikit goresan kuku cukup untuk merusak seratnya.

Dasbor : Masalah yang umum terjadi  pada dasbor biasanya hanya kotor oleh debu. Gunakan lap chamois  untuk mengangkat kotoran. Selanjutnya, keringkan dengan kain mikrofiber. Yang patut diperhatikan adalah dasbor yang sering terpapar panas matahari. Upaya perawatan bisa dilakukan dengan memakai interior dressing  non-silikon. Usap dengan kain mikrofiber. Sehingga kelembaban dasbor tetap terjaga dan melindungi kabin dari ganasnya sengatan cahaya matahari.

Panel pintu : Kedua langkah di atas bisa dilakukan pula pada panel pintu. Sepanjang panel-panel ini menggunakan bahan vinyl,  kulit, karet, dan plastik.Untuk panel kayu dan mengilap, tidak perlu menggunakan bahan interior cleaner,  dan dressing.  Salah aplikasi malah akan menimbulkan noda. Cukup dibersihkan dan pastikan tak ada noda membandel yang menempel.

Jok : Jok memiliki potensi kotor yang besar. Apalagi jika ditambah kejatuhan serpihan makanan atau terciprat air minuman. Untuk jok terlapis kulit upaya membersihkannya lebih mudah. Syaratnya adalah segera dibersihkan begitu terkena. Jika pun tidak dan baru dikerjakan setelah sampai rumah, bisa memakai bahan leather cleaner.  Rawat kelembabannya dengan leather conditioner. Sementara untuk jok berbahan fabric,  bersihkan dengan vacuum cleaner.  Gunakan interior cleaner  untuk mengenyahkan noda. Usap dan bersihkan dengan sikat halus. Lakukan gerakan searah agar tidak merusak serat kain. Seka dengan kain mikrofiber untuk mengangkat semua kotoran.

Karpet : Karena lokasinya di bawah, tak ayal karpet pelapis dan dasar menempati peringkat paling kotor. Langkah paling mudah adalah mengangkat kotoran dengan vacuum cleaner.  Tapi karpet mobil sekarang ada yang berbahan bulu. Karena serat bulu panjang dan lebat, kotoran dapat menyusup ke dalam. Gunakan sikat halus untuk mengangkatnya. Bisa dibantu dengan cairan pembersih khusus karpet bulu agar kotoran melunak dan mudah terangkat.
Sama seperti beledu, pastikan arah gerakan dengan mencobanya sekali. Pada beberapa jenis karpet, terdapat pembatas tenunan yang hanya terlihat saat disikat dalam kondisi basah. Usahakan searah dengan garis pembatas tenunan. Perhatikan pula arah rebahnya serat.
Seka dengan kain mikrofiber untuk mengangkat sisa kotoran dan mengeringkan. Vacuum cleaner  dapat digunakan untuk memastikan kebersihan, dan mengurangi kelembaban. Namun jika Anda ingin hasil maksimal, keluarkan karpet pelapis dan cuci di luar. Tentu dengan prosedur serupa. Pastikan kering sempurna supaya tidak meninggalkan jejak bau.

Jumat, 14 Oktober 2011

Cara Mengecek Kondisi Sokbreker Pada Motor Second

Bagi pengendara motor second baik buruknya kondisi sokbreker sesungguhnya mudah dikenali. Ada beberapa cara mengecek kondisi sokbreker pada motor second. Diantara cara termudah mengenali kondisi sokbreker sepeda motor adalah:
  • Cara terbaik adalah kendarai dan rasakan. Dengan cara dicoba di berbagai kondisi jalan, baik jalan yang kriting atau jalan yang off road sekalian untuk memastikan kondisi sok breker yang sesungguhnya.
  • Sokbreker yang pantulannya berlebihan tidak aman, karena apabila belok bisa mbanting atau pada kondisi tertentu pengendara bisa terpental. Biasanya kerusakannya karena sil rusak sehingga oli bocor, atau bisa disebabkan juga oli sokbreker sudah encer sehingga system absorbser tidak bisa mengendalikan gerakan per yang masih dalam kondisi bagus. Solusinya, ganti sil dan oli sokbreker jika inner tube msh dalam kondisi bagus, namun jika inner tube juga rusak maka wajib diganti juga.
  • Kondisi sokbreker lainnya adalah sokbreker mati, sehingga menyebabkan sok breker tidak meredam getaran, selain pengendara cepat capek juga bisa badan pegal pegal bila sepeda motor dikendarai, karena getaran langsung diterima oleh badan pengendara. Kerusakan yang demikian bisa disebabkan 2 hal: 1. Ketika mengisi oli terlalu banyak, sehingga mengurangi ruang gerak pegas, 2. Kondisi pegas sokbreker sudah mati. Solusinya ganti per sokbreker oli dan sealnya sekaligus jika rusak.
  • Kondisi ideal sokbreker adalah ketika sepeda motor menerima getaran, sokbreker bisa meredam dengan pantulan yang tidak berlebihan dan terkendali, kondisi demikian karena didukung oleh kondisi per yang masih bagus, sil yang rapat, oli yang sesuai takaran dan kondisi pendukung system sokbreker yang masih dalam keadaan baik.inilah kondisi sokbreker yang normal.

Kamis, 13 Oktober 2011

Tips Menjaga Keselamatan Bagi Pengendara Motor Second

Pengguna sepeda motor di Indonesia semakin bertambah banyak dan membludak. Di Jakarta saja hampir terlihat jalanan dipenuhi oleh sepeda motor yang lalu lalang. Dengan semakin canggihnya teknologi sekarang ini, Produsen meningkatkan kemampuan akselerasi sepeda motor, sehingga motor dapat nyalip dengan lincahnya. Tapi ada juga pengendara motor second yang ugal-ugalan, jalan dengan kecepatan tinggi dan nyalip sana nyalip sini.

Seorang pengendara sepeda motor berani menyalip karena sudah memperikirakan bahwa yang disalip tersebut kecepatannya lebih rendah dan tak akan menambah kecepatannya secara tiba-tiba pada saat disalip atau belok mendadak. Tetapi jika pengendara yang disalip menambah kecepatan secara tiba-tiba atau belok mendadak ke arah yang menghalangi posisi untuk menyalip maka akan sangat bahaya sekali. Kalau tidak waspada dan penyalip tidak segera mengerem kendaraannya maka bisa terjadi tenggoran atau benturan, resikonya jatuh, luka, kecelakaan,cacat bahkan meninggal dunia.

Untuk mengatasi hal tersebut pengendara motor harus berhati-hati dalam menyalip, dan tidak usah ugal-ugalan, Hal yang mendorong pengendara motor ugal-ugalan dan kebut-kebutan dijalanan umum :

1. Ingin dianggap hebat
2. Memburu waktu
3. Panas disalip pengendara lain

Resiko :
1. Kecelakaan
2. Cacat seumur hidup,
3. Meninggal dunia

Manfaat kebut-kebutan tidak ada dan  tidak seimbang dengan resiko yang ada, Berikut ini  tips menjaga keselamatan (safetyriding ) bagi pengendara motor second yang lain agar Resiko di jalanan bisa dikurangi :
  • Memakai Helm yang aman.
  • Cek sepeda motor Anda apakah rem dan gasnya normal
  • Jaga jarak
  • Hati-hati jika menyalip dan selalu lihat kondisi jalan.
  • Lihat spion jika ingin belok.
  • Jangan mengendarai motor pada saat ngantuk, mabuk atau pusing.
  • Jangan menelepon atau sms jika sedang berkendara.
  • Patuhi rambu lalu lintas.
  • Isi angin sesuai dengan standar, kalau ban agak kempes segera ke Bengkel Motor atau ke tempat tambal ban untuk isi angin.
  • Jika ban sudah gundul agar segera diganti, karena membahayakan dan licin.
  • Service lah sepeda motor anda ke Bengkel motor secara berkala 3 bulan sekali, Ganti oli sesuai dengan jenis oli nya (biasanya maksimal pemakaian kilo meter oli ada pada label kaleng oli)

Berdoalah sebelum mengendarai motor, dan jaga emosi jika di jalan.

Rabu, 12 Oktober 2011

Beberapa Bagian Yang Perlu Diperhatikan Pada Motor Second

Bagi para pengendara motor second jika mau memperhatikan kendaraannya apabila mesin motor nya rewel, dan mau menyala saat dikendarai. Padahal, ada sekitar beberapa pemicu kecelakaan yang bisa menimpa pengendara dan ada di antaranya berujung dengan kematian.

Berikut  beberapa beberapa bagian yang perlu diperhatikan pada motor second di bawah ini, yang mungkin ada pada motor second anda :

Tekanan angin ban : Jangan sampai tekanan angin kurang, bisa mengakibatkan bocor. Terlebih lama tak dipakai dan parkir tanpa menggunakan standar tengah. "kalau kurang angin, ban dalam rawan bergesek sama pelek dan ban luar. Sehingga menimbulkan kebocoran bahkan sampai meledak.

Sekring wajib pasang : Pastikan aki didukung sekring yang memiliki ukuran ampere sesuai anjuran. Bahkan posisi pasang sekring benar-benar di tempatnya untuk menghindari terjadinya korslet.

Kabel spidomoter putus : Terutama bila putusnya bagian bawah. Jangan disepelakan dan biarkan putus. Bahayanya, kabel melilit kuat ke jari-jari, Anda pu langsung terpelanting ke depan.

Baut kontra kabel gas : Khusus buat pemilik skubek yang doyan bongkar pasang karburator. Pastikan mur kontra pengikat pipa jalur kabel throtle sudah terikat dengan benar pada beretknya. Bila salah satu mur kendur dan pipa berbentuk huruf "L" lepas, maka grip gas enggak mau diputar alias los. Bahayanya, saat menyalip bisa ditabrak kendaraan dari depan atau diseruduk dari belakang.


Baut sepatbor depan : Periksa baut pengikat (4 buah), jangan sampai kendur. Bila keempat baut lepas dan penahan air itu akan jatuh ke ban, bagian belakang sepatbor akan terlipat di segitiga dan motor bisa ngerem mendadak hingga menyebabkan bagian belakang terjungkal.

Karet footstep rusak : Bila karet copot atau hanucr, maka yang tampak ujung besi sebagai komponen dasar pijakan kaki. Lalu, bayangkan lagi jika ujung besi tadi menyentuh tulang kering kaki tanpa sengaja.

Karet pelindung aki : kepala aki bagian positif ditutupi, entah dari karet, plastik atau material apapan yang tidak menghantar listrik. Jika kondisi sudah rusak dan belum sempat menggantinya, Pastikan aki benar-benar terikat di rumahnya dan jauhnya dari komponen sekitar yang bisa menimbulkan korsleting.

Ganti sproket tajam : Cermati mata gigi gir, baik depan maupun belakang, jika sudah runcing sebaiknya ganti. Karena, bila sudah pada tajam gampang pindah posisi. Rantaipun lepas dan dan terjepit di arm. Anda mendengar orang jatuh dari motor lantaran rantai putus dan terjepit di arm, ya karena kelalaian itu.

Ganti baut tuas rem rem : Jika motor sudah berusia lebih dari 5 tahun, jangan lupa dengan mur penahan, pengikat sekaligus penghubung tuas rem belakang dari bahan babet. Apalagi sering bongkar pasang, memungkinkan ulir aus atau dol. Kalau sudah begitu, rem bisa bablas lantaran as penghubung tuas rem lepas dari tangkai.



Selasa, 11 Oktober 2011

Tips Membersihkan Filter Udara Motor Second

Jika sepelekan saringan udara pada motor second. Lalai dari perawatan bisa mengganggu performa. Padahal, untuk membersihkannya tak harus dibawa ke bengkel, dapat dikerjakan sendiri. Hanya, mungkin banyak yang belum diketahui pemilik motor second kalau bahan filter udara itu sudah masuk generasi ketiga. berikut ini tips membersihkan filter udara motor second


Pertama, menggunakan bahan busa, kemudian bergeser dengnan kertas kering dan terakhir (terbaru), kertas basah. Ketiga mempunyai perlakukan berbeda ketika membersihkannya.

Filter udara dari busa : Meski sudah lama, tak sedikit pabrikan mengaplikasi model ini lantaran mudah perawatannya. Untuk membersihkannya cukup pakai bensin dengan cara direndam atau disiran, setelah itu diperas. Dilakukan dua sampai tiga kali dan memerasnya busa jangan dipelintir. Selain busa cepat rusak, bentuknya berubah dan melar. Untuk mengeringkannya, cukup diremas dengan halus.Setelah dibersihkan, lumuri pakai oli.Bisa pakai oli mesin SAE 10-40W atau oli samping. Cukup tipis dilapisi pada permukaan busa.


Kertas kering : Disebut dry element. Bahannya tebal, tidak cepat rusak saat menyedot udara, meski udaranya terkadang bercampur cairan, semisal air. “Proses membersihkan filter ini justru lebih gampang ketimbang berbahan busa.
Untuk menghilangkan kotoran, cukup disemprot pakai angin kompresor, tanpa harus direndam bensin, apalagi dengan oli. Harganya, jelas lebih mahal dari model busa.


Kertas basah :Model terbaru disebut wet element. Bahannya hampir mirip dengan kertas kering. Bedanya, kertas basah ini memiliki pelumas khusus berfungsi menyetop kotoran tidak masuk ke ruang bakar. Bukan berarti, pelumasnya bisa ditambah.
Saringan tipe ini, juga minim perawatan.

Cara membersihkannya, cukup dilap tipis. Dengan kata lain, sebenarnya nggak perlu dibersihkan hingga waktu gantinya yang maksimal bisa menempuh 15.000 km. Kecuali untuk penggantian saringan udara. Dan yang motornya sering melintasi jalanan berdebu, tentu bakal sering ganti filter.

Solusi : ada cara mudah dan praktis! Gimana kalau filter itu disubsitusi pakai filter model busa. Jadi, kalau kotor tinggal dicuci. Jadi mesti 16 ribu kilometer dan keluar uang lagi. Tinggal beli filter tipe busa.
Cari ukuran busa yang sedikit lebih besar ketimbang filter sebelumnya. Jadi kalau kurang, nggak repot dan tinggal potong.