Sabtu, 27 Agustus 2011

Tips Membersihkan Injektor Mobil Bekas

Injektor pada mobil bekas merupakan perangkat penting yang berfungsi untuk menyemburkan bahan bakar ke ruang bakar mesin.
Masalah mungkin terjadi karena peranti tersebut tidak dapat mengirim pulsa ke sensor Electronic Control Unit (ECU) sesuai dengan takaran semestinya.

Padahal, satu diantara fungsi ECU adalah mengatur tekanan dan frekuensi semburan bahan bakar ke ruang bakar mesin berdasarkan pulsa yang diterima sensornya.
Untuk mendapatkan hasil maksimal, semburan bahan bakar dan udara di ruang bakar harus tepat. Bila tidak tepat, berarti injektor mengalami masalah.

Dibawah ini tips membersihkan injektor mobil bekas sebagai berikuti :

1. Lemahnya Semburan Bahan Bakar : 
Jarum injektor yang tersumbat kotoran akan menyebabkan tidak kuatnya semburan bahan bakar dari injektor ke ruang bakar. Partikel berukuran kecil yang menyumbat jarum  bisa berasal dari bahan bakar yang kurang bersih. Kotoran juga bisa berasal dari tangki bahan bakar di mobil yang mengalami korosi.
Ukuran partikel tersebut memang kecil, sekitar 10-30 mikron sehingga saringan bahan bakar terkadang tidak mampu menyaringnya.
Walau ukurannya sangat kecil, namun cukup mengganggu kinerja injektor, apalagi jika kotoran tersebut terus bertambah dari waktu ke waktu.

2. Kebocoran Injektor : 
Kebocoran terjadi ketika jarum injektor tidak bisa menutup rapat setelah selesai menyemburkan bahan bakar.
Akibatnya, bahan bakar masih menetes di ruang bakar. Sehingga busi menjadi basah dan perhitungan Lambda tidak akurat, yang akhirnya membuat mesin sulit dinyalakan.
Satu hal yang perlu diketahui, semburan bahan bakar ke ruang bakar mesin oleh injektor itu berwujud kabut.

3. Cara Mangatasi Masalah : 
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu :

a. Percepat Putaran Mesin
Anda bisa melakukannya sendiri karena cara ini sangat sederhana. Caranya adalah sebagai berikut:
- aktifkan mesin mobil. Setelah itu, injak pedal gas dalam-dalam hingga ke titik maksimal.
- Lakukan hingga empat hingga lima kali, dan setiap kali menginjak pedal gas sebaiknya ditahan sekitar 1-2 menit.
Pada saat putaran mesin tinggi (sekitar 5.000 rpm), maka semburan bensin juga kuat. Pada saat itulah, kotoran pada ruang bakar dan klep akan terdorong keluar.
Tapi, jika cara ini tidak berhasil, Anda boleh mencoba cara berikutnya, yaitu dengan menggunakan cairan pembersih.

b. Gunakan Cairan Pembersih
Ada dua cara untuk melakukan pembersihan injektor. Anda bisa langsung membersihkannya di mobil, atau Anda melepas injektor dan menggunakan ultrasonik.

Cara 1:
Isi tangki dengan cairan pembersih (injector cleaner) untuk menghilangkan air, belerang, atau jamur yang mungkin berada di injektor. Cairan pembersih ini bisa Anda beli di toko onderdil mobil.

Cara 2:
Lepas injektor, kemudian diuji dengan alat khusus ultrasonik. Alat tersebut berfungsi untuk mengetahui debit bahan bakar, pola semburan bahan bakar, dan ada tidaknya kebocoran pada jarum injektor.
Setelah Anda mengetahui hasil pengujian, kemudian lakukan proses pembersihan. 

Kamis, 25 Agustus 2011

Cara Pengecekan Dan Reparasi Mobil Bekas


Kebutuhan untuk mengggunakan transportasi sudah menjadi bagian dari kehidupan dan aktivitas kita. Hampir tiap hari kita beraktivitas di berbagai tempat yang berbeda, dan transportasi merupakan alat bantu utama kita untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan mudah. Salah satu alat transportasi yang sering dipakai adalah mobil. Mengendarai mobil bekas memang sangat nyaman. Kita tidak perlu takut kepanasan, kehujanan, angin besar/badai dsb. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya mengendarai alat transportasi termasuk mobil tersebut bisa beresiko jika kita tidak melakukan cara pengecekan dan reparasi mobil bekas secara berkala.

Mengendarai mobil memang sangatlah nyaman. Namun anda perlu waspada dan tanggap terhadap ciri – ciri dan gejala – gejala kerusakan yang terjadi pada mobil yang kita kendarai. Bagaimana mengetahui gejala – gejala tersebut? Tentu saja dengan melakukan pengecekan kondisi mobil secara berkala. Pengecekan sangat diperlukan terutama sebelum melakukan perjalanan. Dengan mengetahui cara – cara pengecekan dan kerusakan – kerusakan yang mungkin terjadi dari gejala – gejala yang timbul, maka angka kecelakaan bisa ditekan dan kita bisa berkendara dengan nyaman, aman dan tenang.

Idealnya, setiap pengendara mobil harus bisa melakukan pengecekan sendiri terhadap mobilnya, bahkan diharapkan bisa melakukan reparasi sederhana sendiri jika suatu saat terjadi kerusakan darurat yang jauh dari reparasi mobil. Kita tidak harus menjadi profesional..namun kita ditutuntut untuk mengerti dan bisa melakukan pengecekan dan reparasi sederhana pada mobil kita jika suatu saat terjadi hal – hal darurat yang tidak diinginkan.

Selain sangat diperlukan saat dalam keadaan darurat, pengecekan dan reparasi sederhana pada mobil juga sangat diperlukan untuk dilakukan sebelum berkendara demi keselamatan dan kenyamanan kita. Bagaimana jika anda belum atau bahkan tidak mengerti sama sekali tentang prosedur pengecekan dan reparasi sederhana mobil anda ? Jangan khawatir, karena dalam ebook panduan pengecekan dan reparasi mobil ini akan dijelaskan mulain dari langkah – langkah pengecekan, gejala yang muncul, dan kerusakan yang mungkin terjadi jika gejala – gejala tersebut terjadi, serta cara memperbaikinya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara kita.

Jenis pengecekan dan reparasi mobil yang dibahas dalam ebook panduan pengecekan dan reparasi mobil ini merupakan jenis pengecekan dan reparasi mobil yag sederhana, namun sangat penting kita lakukan sesering mungkin, terutama sebelum berkendara jauh atau dalam jangka waktu tertentu. Dengan mendownload, mempelajari dan menerapkan panduan pengecekan dan reparasi mobil yang ada di dalam ebook ini, maka kita bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman.

Rabu, 24 Agustus 2011

Tips Mengeringkan Mobil Bekas

Apabila anda mengetahui bagaimana cara mencuci mobil bekas sekarang adalah giliran anda mengeringkan mobil. Keringkan mobil secara menyeluruh dengan lap yang selembut mungkin. Lipat lah lap tersebut bolak balik hingga anda menggunakan semua bagian dari lap tersebut untuk tips mengeringkan mobil bekas. Gunakan handuk yang telah digunakan berkali-kali karena handuk tersebut telah menjadi lembut, anda dapat memotongnya menjadi dua apabila handuk tersebut terlalu besar.

Lap microfiber adalah lap yang paling lembut yang sering digunakan para detailer profesional maupun amatir. Berbeda dengan katun, microfiber dibuat dengan menggunakan serat yang 100 kali lebih kecil dari rambut manusia. Ukuran serat yang demikian kecil dibuat untuk menghindari baret pada cat mobil. Microfiber memiliki daya serap air 7 kali lebih baik dari lap biasa dan memiliki kemampuan memisahkan butiran debu yang tersisa sehingga microfiber adalah lap yang terbaik untuk mengeringkan mobil.

Merawat Microfiber : Karena microfiber sangat mahal, maka kita harus merawat nya dengan baik. Cuci lap microfiber dengan menggunakan detergent cair. Jangan gunakan detergent bubuk karena bubuk yang tidak terlarut akan tetap berada dalam permukaan lap dan akan mengeras dan membahayakan permukaan cat anda. Jangan gunakan pemutih maupun pelembut.

Keringkan dengan cara menjemurnya agar tertiup angin. Jangan dijemur di bawah sinar matahari karena hal tersebut buruk untuk lap microfiber.

Plas Chamois : Apa itu chamois? chamois adalah lap berasal dari kulit antelope dan sekarang diganti dengan kulit domba. Kulit tersebut sangat lembut dan memiliki daya serap air yang sangat tinggi.

Mengapa saya tidak menganjurkan untuk menggunakan chamois? Chamois memiliki efek scrubing yang digunakan untuk menarik semua kotoran/debu yang tersisa di cat mobil. Efek ini juga mengikis wax yang sengaja ditinggalkan di mobil agar meninggalkan efek kilap yang lama. Efek pelangi atau bulat melingkar akan terlihat karena scrubing yang dilakukan oleh chamois tidak merata.

Jadi, untuk efek kilap yang lebih lama gunakan microfiber untuk lebih aman nya. Chamois juga dapat digunakan apabila efek kilap di mobil sudah tidak terlalu kentara.

Selasa, 23 Agustus 2011

Tips Prosedur Penggembokkan Mobil Bekas


Terjadinya kemacetan di ibukota tampak semakin parah dengan banyaknya mobil bekas yang parkir di badan jalan. Hal ini mempersempit ruas jalan dan membuat mobil di belakang nya mengantri untuk berebut jalan.
Karena hal ini pemerintah daerah khususnya Jakarta memberlakukan denda dan pemblokiran mobil yang nekat parkir di tempat yang berambu dilarang parkir. Satu bulan ini terhitung Juli adalah masa sosialisasi denda untuk parkir sembarangan. Setelah itu akan diberlakukan denda dan pemblokiran atau penggembokkan mobil di tempat.

Beberapa tips prosedur penggembokkan mobil bekas sebagai berikut :
  1. Mobil yang nekat parkir di tempat berambu dilarang parkir akan ditunggu petugas selama 15 menit.
  2. Setelah batas waktu tersebut petugas langsung menggembok mobil salah satu roda mobil.
  3. Petugas memberikan surat atau menempelkan stiker yang memberitahu bahwa anda telah melanggar aturan lalu lintas, dan lokasi kantor DISHUB yang dapat didatangi untuk membuka gembok.
  4. Setelah tiba di kantor DISHUB yang disebutkan itu anda akan menerima surat tilang dari pihak kepolisian.
  5. Setelah semua diselesaikan, anda dan petugas DISHUB akan menuju lokasi parkir dan membuka gembok mobil tersebut.
Menurut Undang-Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 106 ayat 4, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memenuhi ketentuan rambu perintah atau rambu larangan. Bila orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinayatakna dengan rambu lalu lintas dapat dipidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak rp 500 ribu (Pasal 287 ayat 1).

Bila anda menemukan roda mobil anda digembok, jangan sekali-kali anda mencoba memaju mundurkan kendaraan karena alat ini di disain untuk merobek ban mobil anda apabila anda nekat menggerakkan mobil anda. Dan jangan pula terpikir untuk membongkarnya karena anda akan dituntut oleh hukuman yang lebih berat yaitu merusak aset pemerintah daerah.

Senin, 22 Agustus 2011

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Bekas Hibrida


Mobil hibrida dianggap sebagai mobil masa depan. Karena mobil bekas hibrida lebih hemat bahan bakar sehingga juga menghasilkan polusi yang lebih rendah. Dengan kelebihan dan kekurangan mobil bekas hibrida ini, mobil hibrida semakin populer. Banyak orang mempertimbangkan mengganti mobil konvensional dengan mobil hibrida untuk memotong biaya bahan bakar.

Mobil hibrida memiliki dua mesin, mesin bakar konvensional dan motor listrik yang digerakkan oleh baterai. Dengan teknologi ini, bahan bakar dapat dihemat hingga setengahnya. Dengan 1 liter bensin, mobil hibrida bisa menempuh jarak sampai 25 km. Pemilik mobil hibrida bisa banyak berhemat karena konsumsi bahan bakar yang irit.Di beberapa negara, pemilik mobil hibrida malah bisa mendapat keringanan pajak. Di Amerika, pemilik mobil hibrida mendapatkan banyak fasilitas seperti parkir gratis, dan jalur khusus di jalan tol.Sistem pengereman pada mobil hibrida dikonfigurasi untuk menangkap energi yang dilepaskan dan menggunakannya untuk mengisi baterai.Tidak seperti mobil listrik, mobil hibrida tidak perlu diisi ulang dengan listrik dari rumah Anda.Namun, diluar semua keuntungan tersebut, mobil hibrida juga memiliki kekurangan. Kekurangan utama adalah harganya yang masih mahal. Namun kabar baiknya, dengan perkembangan teknologi, diramalkan harga mobil hibrida akan lebih terjangkau dari waktu ke waktu. Ternyata harga yang lebih mahal ini juga bisa tertutup dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

Mobil hibrida juga relatif berat akibat baterai yang terpasang di dalamnya. Itu sebab, produsen mobil hibrida berusaha membuat mesin bakar konvensional berukuran lebih kecil dan dibuat dari bahan yang ringan.Isu lain berkaitan dengan resiko jika terjadi kecelakaan. Baterai mobil hibrida menyimpan energi listrik. Ini berarti ada kemungkinan pengemudi tersengat aliran listrik saat terjadi kecelakaan. Produsen mobil hibrida terus berupaya untuk menyingkirkan kelemahan-kelemahan ini. Di masa depan, mobil hibrida tentunya akan lebih aman dengan harga yang juga makin terjangkau.

Jumat, 19 Agustus 2011

Sumber - Sumber Pemicu Mobil Bekas Terbakar

Pemilik mobil tentu tak ingin kendaraannya hangus dilalap api. Musibahnya, tak hanya menimpa mobil bekas berusia tua, tapi mobil mewah pun bisa  terjadi. Lantas, apa penyebab timbulnya percikan api dan di mana saja asalnya?

Beberapa nara sumber telah disambangi untuk mengetahui inti masalahnya. Inilah sumber-sumber pemicu mobil bekas terbakar serta munculnya api yang patut diwaspadai dan dicermati :

  • Knalpot bocor. Uap panasnya tertransfer ke selang saluran bahan bakar yang lama kelamaan jebol dan meneteskan bensin.
  • Material. Kain, kertas atau bahan kardus di exhaust manifold atau knalpot terbakar dan menyambar ke bagian lain yang mudah terbakar karena panas.
  • Kebocoran. Biasanya pada selang bensin lantaran klem pengikat kurang bagus, mengakibatkan bensin bocor di ruang mesin dan bisa tersulut saat mesin di-starter atau kala mesin sudah panas.
  • Selang Power steering. Dengan oli bertekanan tinggi dan mengalami rusak membuat olinya menyebar ke exhaust manifold. Umumnya dialami mobil yang selang power steering dekat dengan exhaust manifold. Hal ini tak akan terjadi bila selang ikut diperiksa saat servis.
  • Penambahan atau optional pada selang-selang bahan bakar. Biasanya, klemnya tidak kuat, akibatnya bensin yang di ruang bensin bocor dan terbakar lantaran pengaruh panas.
  • Solder. Perhatikan pada sambungan kabel alarm yang patriannya kurang kuat bisa jadi pemicu kebakaran lantaran korsleting listrik.
  • Kabel listrik. Karena tergencet dan mengelupas lalu menyentuh bodi yang menyebabkan korsleting listrik.
  • Kabel menumpuk. Biasanya pada aki, terlepas karena terkena guncangan. Ketika kabel menyentuh bagian negatif di aki atau bodi, terjadilah korsleting listrik.
  • Sambungan kabel. Karena kurang kuat menimbulkan korsleting kabel antara kabel positif dan negatif. Ditambah lagi dengan sekring yang terlalu besar, sehingga kabel menjadi panas dan timbul kepulan asap.
  • Kemungkinan terbesar ada pada O ring di injector. Kalau tanda-tandanya basah, hati-hati berarti O ring sudah getas membuat bahan bakar ke luar dari injektor dan jika dibiarkan dan terkena mesin yang panas, makan akan timbul api.
Pesan dari para mekanik, jangan memperbaiki atau mengganti komponen yang berhubungan dengan bensin dan oli, menggunakan bahan imitasi. usai servis, periksa di seputar mesin, barangkali ada barang yang tertinggal yang dapat memicu timbulnya api.

Kamis, 18 Agustus 2011

Mobil Bekas Hybrid Ramah Lingkungan


Apabila kondisi bumi ini sudah semakin rusak, banyaknya polusi udara yang terjadi semakin mengotori udara yang ada di bumi ini. Selanjutnya akan terakumulasi dan menjadi yang biasa kita sebut dengan pemanasan global. Polusi terbanyak disumbangkan oleh asap kendaraan bermotor, jadi tidak mengherankan jika saat ini mobil bekas ramah lingkungan dengan polusi udara yang rendah menjadi salah satu tuntutan pada saat ini.

Upaya pemerintah untuk mengurangi polusi asap kendaraan bermotor sudah gencar dilaksanaan. Salah satunya yaitu dengan melakukan pembatasan emisi gas buang. Jika melebihi batas ambang yang telah ditentukan, maka mobil bekas tersebut harus dibawa ke bengkel mobil untuk dilakukan setting ulang sehingga nantinya emisi gas buangnya akan menjadi lebih rendah.

Belakangan ini mungkin kita sering dengar atau bahkan lihat di iklan media mengenai mobil bekas hybrid ramah lingkungan (Hybrid Cars). Mobil Hybrid itu sendiri adalah hanya sebuah sebutan dimana modifikasi mobil yang telah ada dengan menggunakan dua sumber daya. Terdiri dari 2 mesin yaitu mesin yang menggunakan bensin sebagai sumber daya dan mesin yang menggunakan baterai isi ulang.

Biasanya mesin dibuat lebih kecil dari mobil-mobil yang ada saat ini untuk mengakomodasi 99% waktu perjalanan pada saat tidak melalui tanjakan atau sedang ngebut. Pada saat mobil berhenti seperti lampu merah maka secara otomatis mesin yang menggunakan bensin akan mati dan digantikan dengan mesin yang menggunakan baterai isi ulang tersebut.

Mobil dibuat lebih ringan dan aerodinamis sehingga dapat lebih meringankan kerja mesin mobil yang menggunakan baterai. Mobil hybrid mengurangi polusi karena dengan pemakaian baterai isu ulang, gas emisi yang dikeluarkan adalah nol.
Yang pasti akan menjadi lebih irit bahan bakar dan bisa dibayangkan dengan kondisi di Jakarta yang tidak pernah tidak macet, berapa banyak bensin yang terbakar hanya untuk macet berjam jam.

Untuk anda yang menyukai kebut-kebutan mungkin mobil Hybrid bukan pilihan ideal anda, karena kemampuannya terbatas tidak seperti mobil mobil berbahan bakar minyak. Disamping itu agak sedikit merepotkan karena anda harus menyisihkan waktu anda untuk mengisi ulang baterai mobil. Yang jelas semua pasti ada kekurangan dan kelebihan, satu yang pasti mobil ramah lingkungan menjadi keharusan saat ini mengingat kondisi bumi yang semakin rusak.

Selasa, 16 Agustus 2011

Tips Mencegah Penyakit Pada Mobil Bekas


Seperti pada tubuh manusia, mobil yang kotor rentang dihinggapi berbagai ‘penyakit’. Mulai dari ‘penyakit kulit’ seperti bercak jamur di permukaan cat, sampai batuk-batuk akibat kelembaban yang menyerang komponen pengapian di ruang mesin. Risiko ini semakin besar di musim hujan seperti sekarang.  Mencegahnya, Anda perlu sering-sering mencuci mobil bekas. Namun ini adalah kondisi ideal yang belum tentu bisa selalu dijalankan, akibat keterbatasan waktu. Ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips mencegah penyakit pada mobil bekas, agar mobil bekas Anda terhindar dari masalah seperti bau kabin tak sedan atau bodi berkarat. 

Bilas dengan air : Kotoran jalanan akan menempel di bodi mobil ketika berkendara di musim penghujan seperti sekarang. Tak ada salahnya untuk membilas bodi setelah berkendara saat hujan turun. Apalagi bila hujan hanya turun sesaat yang membuat mobil langsung kotor dan kering kembali.  “Untuk mencegah agar bodi tidak menjadi baret, jangan menggunakan lap atau spons pencuci. Anda hanya perlu membilas bodi dengan menyemprotkan air menggunakan slang sambil diusap dengan tangan. Tangan Anda yang lebih sensitif akan membuat debu atau pasir yang menempel lebih cepat teringkir ketimbang menggunakan lap atau spons,” ungkap Hanny Pasla, detailer dari salon mobil Hyperblack di bilangan Antasari, Jakarta Selatan. 

Cuci bodi : Bila waktunya memungkinkan, Anda dapat mencuci mobil dengan lebih teliti. Namun hal ini tidak perlu dilakukan setiap kali hujan turun, cukup 3 sampai 5 hari sekali. Selebihnya, hanya perlu membilasnya dengan air atau didiamkan hingga Anda memiliki waktu senggang untuk mencuci mobil. 
Saat mencuci mobil pun ada beberapa bagian yang perlu mendapat perhatian. Misalnya untuk bagian depan mobil, di  bagian kisi-kisi kondensor AC. Lekukannya membuat kotoran lebih mudah hinggap, apalagi bila Anda beru melewati genangan air. 
Dan sebaiknya, mencuci mobil tidak dilakukan saat sore hari menjelang malam. Pasalnya, mobil akan sulit kering sempurna dan kelembaban ini berisiko menimbulkan korosi akibat pengeringan yang kurang sempurna. 

Cuci kolong : Mencuci bagian bawah mobil merupakan suatu keharusan. Dengan cara ini, kotoran pasir di balik sepatbor dapat dibersihkan. Di celah inilah korosi dapat dengan mudah timbul karena kelembaban lebih mudah tersimpan di antara tumpukan kotoran. 
Lapisan cat atau antikarat yang terkelupas juga membuat bagian ini rentan terserang korosi. Bagian kolong juga mudah tergores akibat terkena lontaran batu kerikil saat mobil melaju. Selain itu, banyak komponen di kolong mobil yang bisa terdeteksi lebih dini bila mengalami kerusakan, seperti tabung knalpot, sasis, sokbreker hingga batang arm.   Apalagi di bagian-bagian ini kerap tersangkut benda-benda asing seperti plastik atau rumput. 

Keringkan mesin : Perubahan suhu dalam waktu seingkat, membuat kabel kelistrikan menjadi mudah getas. Untuk itu, tak ada salahnya untuk menjaga agar mesin tetap kering dan usia kabel kelistrikan di mesin dapat bertahan lama.  Belum lagi dengan sil karet pada sambungan kabel kelistrikan. Hubungan pendek dapat mudah terjadi bila sil telah rusak atau sudah mulai getas. 

Waxing : Untuk melindungi cat kendaraan, waxing  juga perlu dilakukan. Apalagi dalam musim penghujan, proses ini perlu dilakukan setiap 5 sampai 8 kali pencucian. Pasalnya, wax  yang baik tak bisa bertahan dalam beberapa kali proses pencucian mobil. Ciri lain mobil perlu di-waxing,  ketika tetesan air sudah tidak seperti berada di daun talas. 

Bersihkan karpet : Sepatu yang basah dapat membuat karpet dalam mobil menjadi basah pula. Apalagi bila mobil Anda belum dilengkapi dengan karpet tambahan yang berbahan karet. Untuk mencegah terjadinya kelembaban dan bau tak sedap, tak ada salahnya untuk segera mengeringkan karpet dalam mobil. 

Senin, 15 Agustus 2011

Tips Simpel Membersihkan Radiator Mobil Bekas

Pada mobil bekas jika mesin overheat saat di perjalanan memang membuat kita gerah. Dalam hal ini, radiator perlu kita perhatikan terutama jika airnya kurang. Namun jika hal ini sering terjadi, kemungkinan besar radiator kotor, sehingga saluran air di dalamnya tersumbat kerak-kerak yang sudah lama mengendap dalam sistem pendingin mesin tersebut.

Untuk itu perlu dilakukan pengurasan sederhana. Berikut tips simpel membersihkan radiator mobil bekas :


Setelah mesin dingin dan tutup radiator sudah dibuka, lepaskan klem pengikat slang dari mesin menuju radiator alias slang balik. Gunakan tang untuk melepas klem pengikat slang. Untuk membuka klem, gunakan kunci 8 mm atau obeng minus (-), longgarkan klemnya. Tarik slang dari radiator hingga terlepas dari mulut lubang, kemudian alirkan air ke dalam radiator melalui selang, hidupkan mesin dan biarkan air mengalir.

Lakukan terus hingga air yang berputar dari radiator, ke dalam mesin dan keluar kembali melalui slang menuju radiator yang sudah dilepas tadi. Sudahi langkah ini jika air yang keluar telah menjadi bening yang berarti kotoran sudah tuntas dibersihkan.
Selanjutnya matikan mesin dan pasang kembali slang dan isi kembali radiator secukupnya. Jangan lupa juga  untuk mengisi air pada tabung reservoir.

Jumat, 12 Agustus 2011

Cara Jual Beli Mobil Bekas Dan Baru

Jual beli mobil bekas adalah sebuah peluang bisnis yang menjanjikan juga asalkan anda sudah tahu seluk beluk yang terkait akan bisnis mobil ini. Apa saja faktor yang mempengaruhi harga mobil bekas dan itu jika anda berminat berbisnis jual beli mobil bekas dan baru ?

1. Faktor Kelengkapan Surat dan Dokumen mobil.
2. Faktor Orsinilitas peralatan dan komponen mobil.
3. Faktor Kondisi Mesin maupun kondisi pelengkapan mobil tersebut.
4. Lihat Tahun Pembuatan atau pemakaiannya.
5. Lihat Kondisi Mesin.
6. Lihat tingkat kemulusan Cat. Sudah buram apa masih mulus kondisi warna mobilnya.
7. Warna juga mempengaruhi harga.
8. Mobil bekas dari luar kota tentunya lebih murah dari pada harga mobil dalam satu wilayah sesuai daerah anda.

Cara jual mobil bekas dan baru sering dilakukan mengingat keuntungan  yang didapat cukup terbilang lumayan, meskipun dalam pelaksanaanya membutuhkan waktu yang agak lama. Itu karena pembeli mobil tidak sebanyak jumlah pembeli motor, atau dengna kata lain tidak terlalu banyak Jika Anda ingin terjun kedalam dunia jual beli mobil bekas dan baru mungkin ada baiknya melakukan persiapan- persiapan sebagai berikut :

  • Berbisnis jual beli mobil tidak akan jauh berbeda dengan kegiatan bisnis lain yang membutuhkan kesabaran, modal dan mental. Meskipun bisnis jual beli mobil terbilang membutuhkan modal ekstra, justru inilah kekuatan dari bisnis ini. Artinya bisnis ini tidak akan dilirik oleh semua orang, hanya orang -orang tertentu yang mempunyai modal, lain halnya dengan bisnis jual beli motor, yang hampir semua orang tahu dan mampu. Sehingga persaingan bisnis jual beli mobil bisa terbilang sedikit dan hanya untuk orang-orang tertentu yang mengetahui tentang mobil dan segala sesuatunya.
  • Jika Anda tahu benar tentang mesin mobil atau memiliki hobi otomotif,  itu merupakan nilai tambah, buat Anda, karena dengan sendirinya Anda wajib mengetahui sedikit banyak tentang  mesin, jenis mobil, dan harga mobil. Akan tetapi jika Anda masih ragu akan pengetahuan yang  Anda miliki, ada baiknya bila Anda meminta teman yang lebih ahli, atau biasanya montir mobil yang Anda kenal dan dapat dipercaya. Usahakan untuk memberi tips yang layak apabila orang tersebut sudah melakukan tugasnya, agar sewaktu-waktu Anda bisa minta tolong kembali.
  • Jual beli mobil tidak akan terjadi atau berhasil dilakukan apabila hanya berdiam diri, harus dengan ekstra keras mengusahakan  terjadinya transaksi baik itu jual ataupun beli. Yaitu dengan cara mencari informasi/dan promosi di media-media terkait,  baik lewat internet ataupun lewat surat kabar.
  • Bisnis sudah pasti untung hanya saja memiliki resiko kerugian. Jadi ada baiknya untuk mengantisipasi dan menghitung perkiraan kerugian, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Menjaga kepercayaan pelanggan,dan masih tetap menjalin hubungan bisnis dengan mereka adalah hal yang baik bagi bisnis Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi mengalami kesulitan dalam mencari ataupun membeli mobil yang Anda inginkan.



    Tips Membangun Usaha Jual Beli Motor Second


    Bisnis Jual beli motor akhir-akhir ini sering kali dilakukan mengingat keuntungan  yang didapat cukup terbilang lumayan, meskipun dalam pelaksanaanya membutuhkan waktu yang agak lama. Itu karena pembeli motor tidak sebanyak jumlah pembeli motor, atau dengna kata lain tidak terlalu banyak Jika Anda ingin terjun kedalam dunia jual beli motor mungkin ada baiknya melakukan persiapan-persiapan-persiapan sebagai berikutini adalah tips membangun usaha jual beli motor second :
    • Carilah informasi sebanyak – banyaknya mengenai harga motor bekas di pasaran jual motor second murah. Sebagai bahan pertimbangan berapa harga yang bisa Anda tawarkan bagi calon konsumen Anda.
    • Pastikanlah motor dalam kondisi terbaik. Tentunya supaya mendapatkan harga terbaik juga. Tampilan body biasanya adalah hal pertama yang paling dilirik. Perbaiki kerusakan – kerusakan yang ada. Pembeli tentunya akan lebih memilih motor yang memiliki kondisi bagus. Tapi bersikap objektiflah terhadap kondisi motor. Jika ada kelemahan atau kelebihannya ceritakanlah pada calon konsumen Anda, agar calon konsumen tidak merasa tertipu dan dapat mempertimbangkan biaya untuk memperbaikinya, jika ia berminat membeli motor Anda.
    • Perhatikan kelengkapan dokumen – dokumen motor, nomer rangka dan mesin juga harus jelas. Calon pembeli biasanya sangat memperhatikan kelengkapan dan keasliannya. Motor yang punya riwayat servis rutin di bengkel resmi harga jualnya bisa lebih mahal dibandingkan yang tidak. Karena itu buku jadwal servis juga lumayan memiliki pengaruh lho.
    • Promosikan iklan penjualan motor Anda di media massa, misalnya di iklan baris jual motor murah. Berikanlah foto dan data detail motor Anda saat mengiklankannya. Semakin gencar Anda mempromosikannya, maka akan semakin banyak calon konsumen yang ada, dan semakin cepat pula kemungkinan motor Anda laku terjual.
    • Hati – hatilah saat calon konsumen meminta test drive. Apalagi kalau harga belum cocok. Khawatir bisa jadi hanya sebuah modus pencurian motor agar motor bisa dibawa keluar dan motor Anda dibawa kabur.